Ini Sosok Jro Mangku King Versi Keluarga dan Kaling Perarudan Jimbaran

by -37 views
Ini Sosok Jro Mangku King Versi Keluarga dan Kaling Perarudan Jimbaran

MANGUPURA – Video aksi Jro Mangku I Wayan Merta alias Raja Jro Mangku menyemprotkan insektisida di mulutnya

viral di media sosial. Aksi tersebut menjadi viral setelah Raja Jro Mangku meninggal, diduga karena mengonsumsi obat nyamuk.

Namun pihak keluarga membenarkan bahwa kematian Ki Galang Pamungkas bukan karena semprotan obat nyamuk melainkan karena serangan jantung.

Menurut Nyoman Saputra, adik Jro Mangku King, kematian almarhum akibat serangan jantung dan bukan karena ulah aneh menyemprotkan insektisida ke mulutnya seperti video viral di media sosial.

Almarhum meninggal pada Minggu pagi (2/5). “Saat kejadian itu kalau saya tidak salah jam 05.30 WITA. Saat itu setelah mandi dia masuk kamar. Jadi tidak benar meninggal setelah minum baygon,” ujarnya.

Baca:  DPRD Gianyar Sodok LKPJ Bupati Mahayastra, Ini Rinciannya

Ketika dia mendengar bahwa almarhum kesakitan, yang pertama masuk ke kamar adalah putranya. Setelah itu, dia dilarikan ke Rumah Sakit Bali Jimbaran.

“Saya langsung masuk ke mobil lalu pergi ke rumah sakit. Saat sampai di rumah sakit, dia didiagnosis terkena serangan jantung,” jelasnya.

Atas tindakan nyentriknya yang viral di media sosial, ia mengaku almarhum telah menyemprotkan insektisida ke dalam mulutnya.

Namun, itu tiga tahun lalu. Dia memasukkan video yang beredar yang tidak dilakukan di rumah.

“Memang benar adik saya ada di video itu, tapi lama sekali saya tidak tahu tanggal pastinya. Kami juga berhasil mencekal dia setelah mengetahuinya,” jelasnya.

Selanjutnya Raja Jro Mangku atau biasa dipanggil Ki Galang Pamungkas adalah ketua dan pemain balada usada. Namanya yang terkenal adalah Raja Mangku.

Baca:  Berpisah 7 Bulan, Ibu Muda Ini Akhirnya Bisa Rebut Lagi Buah Hatinya

Selama hidupnya, almarhum pernah merawat banyak orang dengan cara tradisional. “Sudah sekitar 15 sampai 20 tahun sejak dia menjadi Jero Mangku dan Balian,” jelasnya.

Selain itu, Kaling Banjar Perarudan, Kelurahan Jimbaran I Ketut Nika menambahkan, dirinya tidak percaya mendengar kabar duka dari almarhum I Wayan Merta.

Dia juga membantah bahwa penghuninya meninggal setelah mengonsumsi obat nyamuk.

“Semuanya tidak benar, dan meminta mereka yang menyebarkan video perbuatan almarhum lalu menautkannya dengan video kematiannya, untuk menghapus video tersebut,” jelasnya.

Diakuinya, almarhum adalah orang yang suka melucu dan suka bercanda dengan keluarganya. Ia pun sangat menyayangkan pihak yang telah menyebarkan video almarhum, sehingga mengundang pandangan buruk almarhum.

Baca:  Pantai Itu Milik Publik Bukan Pribadi

“Saya selaku ketua rukun tetangga sekaligus keluarga almarhum menghormati semua yang menyebarkan untuk menghentikannya,” jelasnya.

Tercatat, video Raja Jro Mangku yang menyemprotkan insektisida ke mulutnya tersebar luas di media sosial.

Parahnya, ada juga video yang memasukkan usai penyemprotan obat nyamuk ditambah video warga sedang membersihkan badannya.

Nyatanya, tindakan aneh ini terjadi tiga tahun lalu. Sedemikian rupa sehingga memberi kesan bahwa Jro Mangku Raja meninggal setelah menyemprotkan insektisida ke dalam mulutnya.

Almarhum terinfeksi diabetes pada Kamis, 6 Mei 2021 pukul 10.00 WIB di Setra Desa Adat Jimbaran.

.

Komentar