Tanaman Padi di Subak Karangasem Teben Diserang Hama, Petani Pasrah

by -20 views
Tanaman Padi di Subak Karangasem Teben Diserang Hama, Petani Pasrah

AMLAPURA – Petani di Subak Karangasem Teben, Desa Karangasem mengeluhkan hasil panen padi yang rusak. Situasi ini sudah berlangsung hampir sebulan. Akibatnya, petani juga mengalami kerugian akibat hasil padi yang kurang optimal.

Salah satu petani Subak Karangasem Teben, Sang Ketut Dapet, menuturkan kondisi tanaman padi miliknya sudah memerah dan tidak biasa. Ini telah berlangsung selama 40 hari terakhir.

Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari penyemprotan pestisida namun tidak memulihkan kondisi budidaya padi.

“Setelah saya cabut, akarnya sudah merah. Berasnya rusak,” keluhnya saat ditemui, Senin (3/5).

Ia dan beberapa petani lainnya tidak mengetahui penyakit apa yang menyerang tanaman ladangnya sehingga menyebabkan munculnya kemerahan. Sebelumnya, kata Dapet, situasi seperti ini tidak pernah terjadi.

Baca:  IHSG Kamis dibuka naik 3,48 poin

“Ini yang pertama kali. Kami selalu menanam secara bergantian. Kami tidak selalu menanam padi. ​​Tapi ini pertama kali padi berubah merah,” jelasnya.

Ia pun memperkirakan, dengan kondisi tersebut, hasil panen padi tidak akan maksimal. Untuk tanah seluas satu are, biasanya padi bisa dipanen maksimal 2,5 karung, namun pada kondisi sekarang maksimal hanya satu karung.

“Senang sekali dapat satu karung. Kita kehilangan biaya pupuk, biaya tenaga kerja dan sebagainya,” ujarnya.

Dia dan beberapa petani lainnya hanya bisa menyerah.

“Apa yang bisa kita lakukan, kalau kita berharap ke pemerintahan ya tidak kita punya karena ini baru pertama kali terjadi. Jadi kita bisa menyerah saja,” ujarnya.

Baca:  PLN Ingatkan Subsidi Listrik Tak Lagi 100 Persen, Hanya Separuh

.

Komentar