Terjunkan 1.750 Personel, Petugas Akan Cegat Pemudik di 7 Titik Ini

by -26 views
Terjunkan 1.750 Personel, Petugas Akan Cegat Pemudik di 7 Titik Ini

DENPASAR – Polri dan TNI bersama pemangku kepentingan terkait mengerahkan 1.750 personel untuk mengamankan Operasi Ketupat dalam rangka perayaan Idul Fitri 1442 H.

Ia menjelaskan, salah satu fokus anggota koalisi ini adalah mengisolasi warga yang hendak mudik saat Lebaran.

“Fokus kami adalah pada larangan pemerintah terhadap orang-orang yang kembali demi keselamatan dan kesehatan bersama,” katanya kepada awak media.

Dijelaskannya, pengoperasian akan dimulai pada 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Untuk memaksimalkan kegiatan operasional dan segregasi bagi wisatawan, pihaknya telah menyiapkan tujuh posko di berbagai lokasi. Nantinya, sejumlah posko tersebut akan memantau orang-orang yang diduga sedang ngelaju. Jika Anda menemukannya, Anda akan menuangkannya berulang kali.

Baca:  Kasus Covid-19 di Jembrana Turun Drastis, Pasien Meninggal Bertambah

Sejumlah tiang dibangun di atas sejumlah lintasan tengah. Seperti di terminal, bandara menuju pelabuhan seperti pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai. Posko-posko tersebut berada di Pelabuhan Denpasar, Gilimanuk dan Padang Bai serta Bandara Ngurah Rai, ujarnya.

Sesuai dengan ketentuan yang dibuat pemerintah, masyarakat yang akan berangkat ke Bali dan meninggalkan Balu, termasuk wisatawan, akan diperiksa secara intensif. Mulai dari sertifikat, hingga surat hasil negatif untuk Covid-19. Jenderal bintang dua itu pun dengan tegas mengatakan akan mengambil tindakan tegas terhadap trek gelap yang masih membandel dengan penumpang.

Jenis angkutan penumpang yang diperbolehkan lewat adalah AKAP dan AJAP yang telah dibubuhi stiker khusus lengkap dengan bar code dari instansi angkutan tersebut.

Baca:  Menkes: 6 juta bulk vaksin Sinovac tiba di Indonesia

“Selain itu (angkutan dengan stiker) adalah perjalanan ilegal. Jika tidak sesuai dengan ketentuan akan diminta kembali,” ujarnya.

.

Komentar