Koster Benarkan Corona Varian Baru Sudah Masuk Bali, Ini Penjelasannya

by -19 views
Koster Benarkan Corona Varian Baru Sudah Masuk Bali, Ini Penjelasannya

DENPASAR – Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan mengumumkan ditemukannya varian baru virus corona di Bali. Varian baru tersebut adalah virus Corona B1351 dari Afrika Selatan dan B117.

Hal itu juga dibahas Gubernur Bali Wayan Koster. Dalam rilis resminya kepada awak media, Koster mengatakan sudah mendapat informasi langsung dari pusat terkait ditemukannya varian baru ini.

“Saya sudah mendapat informasi langsung dari Menteri Kesehatan RI, pada 3 Mei 2021, ada 2 orang positif Covid-19 yang ditemukan terinfeksi varian baru virus mutasi Covid-19,” ujarnya. pada hari Selasa (4/5).

Satu orang dinyatakan positif pengiriman varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351; Sedangkan satu orang dinyatakan positif akibat pengiriman varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7.

Baca:  MODUS! Dicari Uang Hilang, Si Penemu Dapat Gratis Mi Satu Porsi

Hal itu diketahui setelah beberapa sampel orang positif Covid-19 di RSUP Sanglah dilakukan pengujian oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Satu orang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan varian baru dari Afrika Selatan dinyatakan meninggal di Rumah Sakit Sanglah. Pasien ini berasal dari Kabupaten Badung.

“Korban tidak pernah mengikuti program vaksinasi. Sedangkan satu orang positif Covid-19 dengan varian baru asal Inggris dinyatakan sembuh, dalam keadaan sehat dan sudah dikeluarkan dari Kota Denpasar,” jelasnya.

“Khawatir, kebetulan sudah dua kali mengikuti program vaksinasi,” lanjutnya.

Terkait kasus ini, Dinas Kesehatan Provinsi Bali sedang melakukan investigasi epidemiologi terhadap sejumlah orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan korban sehingga potensi risiko penyebarannya dapat diketahui secara detail dan lengkap.

Baca:  Sita Perhatian Publik Bali, Siapkan Jaksa Senior Jerat Bule Denmark

Sehubungan dengan munculnya varian baru mutasi virus Covid-19 di Bali, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Koster mengimbau, mengingatkan, dan menegaskan kembali secara keseluruhan. masyarakat untuk menaati pelaksanaan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2021 tentang Perluasan Penegakan Batas Desa / Kelurahan Berbasis Kegiatan Masyarakat di Era Baru Kehidupan di Provinsi Bali.

Tetap teratur dan disiplin dalam menerapkan Pola Hidup Bebas Sehat dan COVID-19 dengan 6M yaitu; Kenakan masker standar dengan benar, cuci tangan, jaga jarak, kurangi perjalanan, tingkatkan daya tahan tubuh, dan ikuti aturan;

Selanjutnya adalah membatasi jumlah peserta, senantiasa berhati-hati dan berhati-hati dalam setiap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, adat istiadat, agama, seni, budaya dan sosial serta kegiatan kemasyarakatan lainnya;

Baca:  Wanita Cantik Mantan Sales Bank BUMN di Denpasar Dituntut 2,5 Tahun

Mengikuti program vaksinasi pencegahan COVID-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota.

Koster juga mengimbau Bupati / Walikota, Camat, Lurah, dan Bandesa Adat se-Bali serta segenap komponen masyarakat untuk terus tanpa lelah melakukan upaya serius dengan mengambil langkah bersama untuk mencegah penyebaran COVID-19. Khususnya varian baru virus COVID-19.

“Mari kita terus berdoa dengan keyakinan, masing-masing memohon kepada Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa agar Alam Bali beserta isinya senantiasa dalam keadaan nyaman, aman, dan tentram sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Global Rencana Pembangunan Era Bali. Baru, ”pungkasnya.

.

Komentar