Dinkes Benarkan Virus Varian Baru B1351 dari Afrika Selatan Masuk Bali

by -21 views
Dinkes Benarkan Virus Varian Baru B1351 dari Afrika Selatan Masuk Bali

DENPASAR – Di tengah antusiasme Bali untuk bangkit dari kesulitan akibat pandemi Covid-19, pemerintah pusat mengumumkan bahwa kasus varian baru telah ditemukan di Bali.

Varian baru tersebut disebut virus Corona B1351 dari Afrika Selatan. Pemerintah federal melalui Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan hal tersebut melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden kemarin.

Selain varian baru dari Afrika Selatan, pemerintah mengumumkan ditemukannya dua kasus varian baru dari India. Namun, dua kasus baru ditemukan di DKI. Jakarta.

Penemuan virus corona B1351 asal Afrika Selatan di Bali ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dr. Ketut Suarjaya saat dikonfirmasi oleh Radarbali.id, Selasa (4/5).

Baca:  Terinspirasi dari Pura, Bartender Ini Campur Arak, Nanas dan Kelapa

“Iya betul (varian baru ditemukan di Bali),” kata dr. Ketut Suarjaya. Namun, Dr. Suarjaya tidak sepenuhnya menjelaskan penemuan varian baru tersebut.

Apakah dibawa oleh Warga Negara Asing (WNA), Warga Negara Indonesia (WNI) atau penyebab lainnya sehingga virus dapat ditemukan di Bali.

“Data baru didapat dari Kementerian Riset dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kami menunggu keluarnya pusat karena sudah diperiksa di sana,” ujarnya.

Meski belum berani bicara banyak, varian baru virus ini memang sudah masuk banyak kasus di Indonesia.

Data terbaru menyebutkan setidaknya ada 6 varian baru yang teridentifikasi di Indonesia, yakni varian D614G, B117, N439K, E484K, B1525, dan B135.

.

Komentar