SMAN 3 Denpasar Sabet 2 Emas Youth International Science Fair (YISF)

by -19 views
SMAN 3 Denpasar Sabet 2 Emas Youth International Science Fair (YISF)

DENPASAR, Radar Bali– International Youth Science Exhibition 2021 (YISF) mengukuhkan kembali posisi SMA Negeri 3 Denpasar sebagai sekolah dengan berbagai prestasi. Dalam acara yang diselenggarakan Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia (IYSA), 9 April 2021, 8 siswa SMA N 3 Denpasar berhasil meraih juara. Melalui Chilo: Membran Antibakteri Hasil Kombinasi Kitosan dan Kulit Pomelo (Citrus Maxima) untuk Aplikasi Masker Kain, Trisma berhasil meraih medali emas. Tim ini terdiri dari Putu Mira Wahyu Subagia Putri, Kadek Indira Maheswari, Ni Lih Ayu Nirwasita, Kadek Cahyani Krishna Dewi, dan Pande Gede Putra Wahyutama.

Medali emas juga diraih oleh Ni Putu Mira Putri, I Putu Pranadea Vidya Sagara, I Made Andipa Yuda Mradangga melalui dua metode penelitian yaitu Eksplorasi dan Eksperimen Deskriptif (True Experiment). Penelitian eksperimental meliputi pengujian fitokimia, pengujian jamur, Candida albicans, dan pengujian eksplorasi, yang menjelaskan secara mendalam bagaimana bahan alami memberikan efek tertentu.

Baca:  BRI dirikan Posko Banjir bantu masyarakat Bima-NTB

Kepala Sekolah SMAN 3 Denpasar, Ida Bagus Sudirga mengatakan, siswanya juga berhasil meraih juara pada kompetisi Agroindustrialweek 2021 yang diselenggarakan oleh Teknologi Agroindustri, Universiti Antarabangsa Semen Indonesia. Pada tanggal 10 April 2021, Gusti Ayu Widya Pratiwi, Angelica, Kadek Cahyani Krisna Dewi melalui penelitiannya “Inovasi Plastik Biodegradable dari Ekstrak Biji Nangka dan Kitosan Kulit Udang Berbasis Pemlastis Gliserol” membuat Trisma Denpasar bangga.

“Kompetisi YISF ini diikuti oleh 400 tim dari 20 negara lebih dalam bentuk virtual. Kami sangat bangga mahasiswa kami berhasil menyelesaikan penelitian ilmiahnya dan bisa menang secara nasional. Dan tentunya kami akan terus mendukung mahasiswa kami agar mahasiswa kami dapat terus berkarya. untuk belajar berinovasi. “kata Sudirga.

Baca:  Asyik!! TPP PNS Cair, Gaji Pegawai Kontrak Dibayar Cuma Januari

.

Komentar