Target Zona Hijau, Vaksinasi Masal di Nusa Penida Mulai Digas 5 Mei

by -53 views
Target Zona Hijau, Vaksinasi Masal di Nusa Penida Mulai Digas 5 Mei

SEMARAPURA – Setelah pariwisata, kini giliran masyarakat umum di Kabupaten Nusa Penida yang menerima vaksinasi Covid-19. Ada 15 ribu warga Kabupaten Nusa Penida yang ditargetkan mendapat vaksin Covid-19 dari gas pada Rabu (5/5) hingga Selasa (18/5).

Dengan semakin banyaknya warga Nusa Penida yang mendapat vaksin Covid-19, diharapkan target kawasan Nusa Penida sebagai kawasan wisata green zone dapat terwujud dalam waktu dekat.

Bupati Nusa Penida I Komang Widyasa Putra, Selasa (4/5) mengungkapkan, vaksin Covid-19 saat ini diperuntukkan bagi warga berusia 18 tahun ke atas. Terkait data dari Dinas Kesehatan Klungkung, menurutnya jumlah penduduk Kabupaten Nusa Penida yang berusia 18 tahun ke atas sekitar 46 ribu jiwa.

Baca:  Angka Kesembuhan di Bali Terus Naik, Satgas Catat Angka 93,22 Persen

Dulunya petugas kesehatan, petugas layanan publik, operator tur lansia, dll., Kini giliran masyarakat umum yang menjadi sasaran untuk menerima vaksin Covid-19.

“Ada 15.000 orang di Nusa Penida yang akan divaksinasi pada 5-18 Mei,” jelasnya.

Agar protokol kesehatan terlaksana dengan baik selama vaksinasi puluhan ribu warga Nusa Penida, lokasi vaksinasi tersebar di sejumlah tempat. Seperti bale perangkat desa, bale bale, bale tradisional, dan bale desa.

“Lima belas ribu target vaksin tersebar di Desa Lembongan dan Jungutbatu, dengan total 1.500 target. Sedangkan di Nusa Gede ada 13.500 target vaksin,” jelasnya.

Ia berharap dengan bertambahnya jumlah warga Nusa Penida yang menerima vaksin Covid-19, harapan Nusa Penida sebagai kawasan wisata zona hijau bisa segera terwujud.

Baca:  Pemkab Klungkung-ICA kelola Koperasi Rumah Makan Kolam Pancing

“Bupati khawatir Kabupaten Nusa Penida masuk kawasan hijau,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni mengungkapkan target vaksin untuk masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk Kabupaten Klungkung jumlah penduduk usia 18 tahun ke atas adalah 151.788 jiwa.

Dari kegiatan vaksinasi yang dilakukan, menurutnya realisasi vaksinasi untuk tenaga kesehatan mencapai 117,76 persen. Sedangkan target vaksin dari masyarakat umum untuk dosis pertama sebesar 112,42 persen, sedangkan realisasi dosis pertama untuk lansia sebesar 49,32 persen.

“Saat ini Klungkung baru menerima 25.000 dosis vaksin Astra Zeneca yang diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat. Vaksinasi akan dilaksanakan mulai besok (hari ini). Pendistribusian vaksin akan dilakukan secara bertahap. Jika habis, kami rekomendasikan kembali. ,” dia berkata.

Baca:  Salut! Organisasi Pemuda di Karangasem Galang Donasi Untuk NTT

.

Komentar