Disuruh Bikin PD Parkir, Kadishub Tabanan Setuju, Tapi…

by -21 views
Disuruh Bikin PD Parkir, Kadishub Tabanan Setuju, Tapi…

TABANAN – Usulan pembentukan PD Parkir dari DPRD Tabanan mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Tabanan. Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Gusti Putu Ngurah Darma Utama yang kini mengoperasikan tempat parkir itu sangat setuju.

“Kalau PD Parkir dibentuk, hasil kajiannya akan menentukan. Yang jelas kami sangat setuju dibentuk,” ucapnya.

Menurut dia, jika sudah terbentuk perusahaan areal parkir, akan ada dua obyek parkir yang bisa dioperasikan. Yakni retribusi dan cukai. Sebab selama ini obyek parkir dioperasikan oleh dua instansi yang berbeda.

“Kalau bisa objek parkir, seperti pemungutan dan pajak, ditangani dalam satu atap. Hingga ada koordinasi pengelolaan di sana. Karena selama ini pajak dan pemungutan parkir ditangani oleh Bakueda dan Dinas Perhubungan,” ujarnya.

Baca:  Gubernur Bali: masyarakat harus terus tertib dalam protokol kesehatan

Kemudian dia juga melihat dari sudut yang lebih hemat dan efisien. Hingga saat ini, Dinas Perhubungan Tabanan telah mengelola 25 lokasi dan mempekerjakan 169 petugas parkir. Belum lagi tambahan beban kerja Dinas Perhubungan seperti kendaraan uji coba dan lampu jalan.

Karena itu, kami sepakat jika dewan mendorong terbentuknya PD Parkir, jelasnya.

Ditanya mengenai target tarif parkir PAD, ia mengatakan pada 2021 akan mencapai Rp 6,09 miliar. Sedangkan dari kuartal I targetnya baru mencapai 23 persen. Target PAD dari parkir permanen tahun ini masih terimbas situasi pandemi.

Karena pada tahun 2020 epidemi sudah mewabah maka target PAD juga menurun. Mudah-mudahan target bisa tercapai, pungkasnya.

Baca:  Hampir 100 % Guru Divaksin, Bupati Jembrana Izinkan Sekolah Tatap Muka

.

Komentar