Super Ketat! Perbatasan Kabupaten Dijaga 24 Jam, Pelototi Mobil Travel

by -29 views
Super Ketat! Perbatasan Kabupaten Dijaga 24 Jam, Pelototi Mobil Travel

DENPASAR – Penghapusan mudik Lebaran berdasarkan Surat Edaran No. 13 Tahun 2021 tentang Penghapusan Mudik di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah berlaku, Kamis (6/5) hari ini hingga 17 Mei.

Dinas Perhubungan Kota Denpasar akan berjaga 24 jam di perbatasan Denpasar dan Badung, tepatnya di Uma Anyar, Jalan Cokroaminoto, Denpasar.

Target utamanya adalah perjalanan gelap. Kepala Dinas Perhubungan dan Operasi (Dalops) Kota Denpasar I Wayan Tagel Sidarta mengatakan penjagaan ketat dilakukan agar tidak ada yang lolos.

Jangan sampai perjalanan gelap membawa wisatawan ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana atau Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

Menurut dia, larangan pemberangkatan menurut edaran sudah disosialisasikan kepada operator bus dan travel.

Baca:  Pameran seni rupa Supra Village

Penjaga bertugas 24 jam sehari. Jika ditemukan, wisatawan harus mengembalikan uang tiket ke penumpang dan mendaratkan kendaraan.

“Himbauan untuk perjalanan ilegal itu tidak menjual tiket. Jika berangkat sebelum 6 Mei diperbolehkan asalkan sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Wayan Tagel Sidarta.

Menurutnya, pengisolasian dilakukan di lima tempat. Mulai di Pos Gilimanuk, Pos Jalan Tabanan Pesiapan, Pos Denpasar Uma Anyar, Pos Masceti di Jalan IB Mantra, dan Pos Persimpangan Padangbai.

Staf yang diberangkatkan oleh Dishub Denpasar sebanyak 25 orang per hari. Kepala Dinas Perhubungan Bali Gede Samsi mengatakan, pengurusan pos blokade itu melibatkan lintas instansi.

Mulai dari TNI, Polri, petugas medis dan unsur lainnya.

Baca:  Penerbangan Jakarta-Wuhan dibuka

Ia menegaskan, selama 12 hari tersebut, Dinas Perhubungan tidak mengirimkan angkutan umum antarprovinsi.

Bahkan angkutan pribadi akan diperiksa saat melintasi Bali, hanya dikecualikan bagi yang memiliki tugas seperti TNI / Polri / ASN / BUMN atau tugas dari perusahaan.

Selain itu, jika ada keadaan darurat, seperti seseorang yang meninggal dalam keluarga inti atau sedang sakit, syaratnya adalah menunjukkan surat keterangan keberangkatan.

“Lalu yang boleh menyeberang angkutan logistik hanya memiliki keterbatasan untuk orang yang ada di dalamnya,” pungkasnya.

.

Komentar