Puluhan Sekolah di Buleleng Jadi Sekolah Penggerak, Ini Keuntungannya

by -55 views
Puluhan Sekolah di Buleleng Jadi Sekolah Penggerak, Ini Keuntungannya

SINGARAJA – Sebanyak 22 unit sekolah di Kabupaten Buleleng telah berhasil mengikuti program sekolah mengemudi.

Sekolah-sekolah ini akan mendapat bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang tata kelola dan proses pembelajaran di sekolah.

Tahun ini, Buleleng merupakan salah satu dari dua kabupaten / kota di Bali yang mendapat jatah program sekolah binaan. Di Indonesia, baru 111 kabupaten / kota yang berhak mengikuti program ini.

Ribuan sekolah telah mendaftar untuk program tersebut. Dari 21.000 sekolah yang mendaftar untuk menjalankan program sekolah, 22 sekolah di Buleleng akhirnya berhasil.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri hanya memberikan kuota 2.500 sekolah untuk mengikuti program ini.

Baca:  Perpres Mikol Perkuat Pergub Arak, Koster: Tak Lagi Bergantung Impor

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)

Buleleng Made Astika mengatakan, sekolah akan mendapat bantuan langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sehingga kualitas hasil belajar akan meningkat dalam tiga tahun. Selain itu, kementerian juga akan memprioritaskan peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru.

“Nanti akan ada pendampingan intensif. Tidak hanya kualitas dan efisiensi. Kementerian juga akan membantu mendigitalkan sekolah. Ini termasuk mendapatkan tambahan perkiraan untuk fasilitas belajar, khususnya buku,” kata Astika kemarin.

Lebih lanjut, kata Astika, selain program aktivasi sekolah, ada juga guru yang berhasil lolos program aktivasi guru.

Sejumlah program kurikulum juga akan mendapat bantuan dalam program mobilisasi organisasi.

“Visi kementerian bagaimana ke depan ada kebebasan belajar. Jadi program ini adalah salah satu cara untuk mewujudkan visi itu juga. Kami yakin sekolah, guru dan organisasi akan menjadi katalisator dalam program ini,” jelasnya.

Baca:  Garuda Indonesia larang angkut kargo HP vivo

Perlu diketahui bahwa satuan pendidikan taman kanak-kanak yang telah lulus program sekolah mengemudi adalah Tadika Banjar Tegeha dan Tadika Pelita Kasih.

Untuk jenjang SD, ada 13 sekolah yang berhasil lulus. Yaitu SDN 1 Banyuatis, SDN 3 Tigawasa, SDN 4 Tejakula, SDN 4 Bebetin, SDN 1 Baktiseraga, SDN Rangdu,

SDN 2 Sulanyah, SDN 4 Suwug, SDN 2 Tinga-Tinga, SDN 3 Les, SDN 1 Lokapaksa, SDN 4 Tamblang, dan SDN 3 Tinga-Tinga.

Khusus untuk jenjang sekolah menengah pertama, terdapat 3 sekolah yang telah lulus. Yakni SMPN 4 Sukasada, SMPN 1 Seririt, dan SMPN 3 Singaraja.

Untuk jenjang sekolah menengah, ada 4 sekolah yang berhasil. Yaitu SMAN 1 Gerokgak, SMAN 1 Busungbiu, SMAN 3 Singaraja, dan SMA Candimas Pancasari.

.

Komentar