Mei, Bali gratiskan biaya swab PCR bagi masyarakat bergejala COVID-19

by -64 views
Mei, Bali gratiskan biaya swab PCR bagi masyarakat bergejala COVID-19
Denpasar (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Bali menggratiskan biaya pemeriksaan swab PCR bagi masyarakat di daerah setempat yang mengalami atau menunjukkan gejala COVID-19 pada Mei 2021.

“Selain itu, pemeriksaan swab PCR juga digratiskan bagi mereka yang pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya di Denpasar, Senin.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat Bali dapat mengunjungi UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali di Jalan Angsoka, Denpasar, setiap hari mulai pukul 08.00-11.00 Wita.

“Jadi, layanan ini khusus bagi mereka yang menunjukkan gejala COVID-19 dan mereka yang pernah kontak erat dengan pasien COVID-19, misalnya keluarga serumah, teman kerja, dan lain sebagainya yang kontak dekat,” ucapnya.

Baca:  HUT ke-30, Immapa Bali rayakan dengan pagelaran Seni Budaya Papua

Menurut Suarjaya, kebijakan itu diambil Pemerintah Provinsi Bali untuk meningkatkan pelacakan dan pengetesan, sehingga semua kasus positif COVID-19 bisa diisolasi.

“Ataupun bagi yang bergejala itu bisa diobati sehingga penularan COVID-19 bisa disetop,” ujarnya.
Baca juga: Tim Yustisi Denpasar tes cepat antigen bagi pelanggar prokes

Terkait dengan kemungkinan oknum yang menggunakan layanan tersebut agar bebas biaya untuk mendapatkan hasil swab PCR untuk syarat perjalanan, kata Suarjaya, hal itu bisa diantisipasi.

“Nanti mereka tentu akan ditanya kontak erat dengan pasien yang mana? Kan sudah ada data-data pasien positif COVID-19,” ujarnya.

Adapun kelengkapan administrasi yang dibawa untuk mendapatkan layanan pemeriksaan swab PCR itu cukup dengan membawa KTP ataupun surat keterangan domisili.

Baca:  Vaksinasi bagi pekerja pariwisata Bali

Suarjaya pun kembali mengajak masyarakat Bali untuk bersama-sama menurunkan kasus COVID-19. “Mari jaga diri, jaga keluarga dan jaga negara,” ucapnya.

Hingga Senin (17/5) ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Provinsi Bali secara kumulatif sebanyak 46.364 orang, yang sedang menjalani perawatan sebanyak 949 orang (2,05 persen) dan jumlah pasien yang meninggal dunia karena COVID-19 sebanyak 1.449 orang (3,13 persen).

Untuk hari ini saja tercatat ada penambahan 74 kasus baru, sebanyak 114 orang dilaporkan sembuh dari COVID-19 dan empat orang yang meninggal dunia karena COVID-19.

Komentar