Warga Kusumba Temukan 92 Telur Penyu Hijau di Pantai Tribuana

by -25 views
Warga Kusumba Temukan 92 Telur Penyu Hijau di Pantai Tribuana

SEMAAPURA – Warga Klungkung menemukan puluhan telur penyu hijau di Pantai Tribuana, Desa Kusamba, kemarin.

Oleh anggota Sat Polair Polres Klungkung, telur penyu diamankan untuk dibawa ke panti asuhan bayi di Pantai Watu Klotok.

Kapolsek Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa mengatakan ada 92 butir telur penyu hijau yang ditemukan warga I Wayan Sudiarta di Pantai Tribuana.

Agar telur penyu bisa menetas dengan baik dan tidak dimakan binatang, akhirnya puluhan telur penyu tersebut selamat dan dibawa ke tempat pembibitan di Pantai Watu Klotok.

“Agar telur-telur ini bisa menetas dengan aman,” kata AKBP Bima Aria Viyasa. Wakil Bupati Klungkung Made Kasta yang mendengar adanya penemuan telur tetas itu langsung mendatangi panti asuhan di Pantai Watu Klotok.

Baca:  Dua Kasus Korupsi Mengendap, Ini Janji Kajari Triono Usai Dilantik

Dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok Konservasi Penyu Watu Klotok (KPPWK), Ketut Sergig mengatakan, ada 5.400 butir telur penyu yang telah ditetaskan di pantai tersebut sejak awal Mei-Agustus 2020.

“Telur penyu paling banyak ditemukan di Pantai Lepang dan Watu Klotok,” kata Ketut Sergig.

Karena keterbatasan dana, ia mengaku hanya bisa menggunakan peralatan sementara untuk menjaga telurnya aman dari serangan binatang, terutama anjing yang banyak berkeliaran di pesisir pantai.

Untuk itu, Pemkab Klungkung berharap Pemkab Klungkung bisa memberikan bantuan bersih sehingga gangguan pemangsa telur penyu bisa diminimalisir.

Atas permintaan tersebut, Wakil Bupati dari Desa Akah mengaku akan berkoordinasi dengan instansi terkait terlebih dahulu.

Baca:  Senderan Pura Dadia Di Muncan Jebol, Akses Jalan Tutup Total

“Saya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dapat segera membantu Kelompok Konservasi Penyu Watu Klotok,” ujarnya.

.

Komentar