Covid Turun, Ada Harapan Warga Bali Lepas Masker Seperti Selandia Baru

by -33 views
Covid Turun, Ada Harapan Warga Bali Lepas Masker Seperti Selandia Baru

DENPASAR – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dr. Ketut Suarjaya, mencatat bahwa masyarakat Bali suatu hari nanti bisa melepas masker mereka, meniru Selandia Baru, yang kasus Covid-19nya terus menurun hingga nol persen.

Peluang ini dimungkinkan karena operasi Covid-19 di Bali cukup berhasil, terlihat dengan berkurangnya jumlah kasus di bawah 100.

Survei Gugus Tugas Covid-19 Nasional bahkan menyatakan Bali paling patuh dengan protokol kesehatan selama wabah.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Suarjaya mengatakan ada dua kunci untuk menanggulangi pandemi Covid-19, yaitu vaksinasi massal dan pengetatan protokol kesehatan.

“Keduanya harus digabung, tidak bisa sendiri-sendiri. Vaksinasi dan protokol kesehatan harus berjalan beriringan. Vaksinasi untuk meningkatkan antibodi sampai bisa

Baca:  Presiden Jokowi tinjau vaksinasi di Stasiun Bogor

Mencegah virus masuk menyebabkan gejala sekarang tergantung pada bagaimana kemampuan tubuh untuk membentuk antibodi. Sedangkan penegakan proses penertiban masyarakat sesuai dengan himbauan 5M,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat Bali tidak boleh lelah menegakkan protokol kesehatan. Pasalnya, kasus Covid-19 di dua provinsi tetangga di Bali terus meningkat. Baik di Nusa Tenggara Barat maupun Jawa Timur.

“Jawa Timur sekarang kebakaran, NTB (kasus Covid-19) juga tinggi. Ini kalau orang pindah dari Timur dan Barat ke kita (Bali),

Kalau tidak melindungi diri dengan vaksinasi dan protokol kesehatan, tinggal menunggu waktu tertular (Covid-19),” jawabnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Suarjaya menekankan bahwa untuk bebas dari Covid-19, Anda harus melindungi diri sendiri. “Jika Anda melindungi diri sendiri,

Baca:  Anggota DPD minta pembangkit listrik di Bali gunakan energi terbarukan

kita juga dapat melindungi keluarga dan komunitas kita. Jadi suatu saat saya optimis kita (Bali) akan seperti Selandia Baru,” ujarnya.

.

Komentar