Masuk Bali, Warga Asal Pulau Madura Wajib Jalani Rapid Test Ulang

by -7 views
Masuk Bali, Warga Asal Pulau Madura Wajib Jalani Rapid Test Ulang

NEGARA– Pengetatan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana sebagai salah satu pintu gerbang ke Bali melalui jalur darat kembali meningkat.

Peningkatan pengetatan ini disebabkan meningkatnya kasus Covid di sejumlah kabupaten di Pulau Jawa. Meski tak mau ketinggalan, wisatawan domestik (PPDN) Madura yang hendak masuk ke kawasan Bali diminta melakukan tes cepat meski sudah membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari daerah asalnya.

Pengetatan khusus bagi wisatawan asal Pulau Madura, hal ini dikarenakan kasus positif Covid-19 di kabupaten tersebut meningkat drastis.

Berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, seluruh wisatawan yang datang dari Pulau Madura dilakukan pemeriksaan ulang untuk rapid antigen test gratis di Pelabuhan Gilimanuk.

Baca:  Ternyata, Berawal dari Menunggak Cicilan Kredit Motor Selama Setahun

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan, arahan yang mulai berlaku pada 7 Juni 2021 itu dilaksanakan di Pelabuhan Gilimanuk oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Semua orang dari Pulau Madura diuji ulang secara gratis atau gratis.

“Protokol kesehatan juga diperketat,” katanya.

Pengetatan di Pelabuhan Gilimanuk untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kasus di Pulau Jawa, khususnya di Madura.

Jika ditemukan positif, PPDN terkait akan dipilah terlebih dahulu di Pelabuhan Gilimanuk oleh K3 Gilimanuk.

“Pengetatan protokol kesehatan juga harus dilakukan oleh seluruh wisatawan, tidak hanya yang berasal dari Pulau Madura saja,” ujarnya.

Sejak diberlakukannya aturan quick test bagi wisatawan asal Pulau Madura, hingga Senin (14/6) sudah ada 800 orang yang masuk ke Bali.

Baca:  Pesawat Mendarat Sejam Setelah Bandara Ngurah Rai Buka

Dari jumlah tersebut, sebanyak dua orang yang menjalani tes antigen cepat kembali positif, hingga dipulangkan ke daerah asalnya.

“Bagi yang positif, ini terbalik,” kata Yetty, salah satu petugas K3 Pelabuhan Gilimanuk.

Pengetatan dengan rapid antigen test khusus wisatawan asal Pulau Madura diberlakukan seiring dengan peningkatan kasus positif, hingga pintu masuk ke Bali diperketat.

Pelaksanaan quick repeat test bagi wisatawan asal Pulau Madura sudah selesai hari ini, namun pemeriksaan di pintu masuk Bali berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memperketat pemeriksaan.

.

Komentar