Calon Siswa Membeludak di Empat SMP Favorit di Tabanan

by -6 views
Calon Siswa Membeludak di Empat SMP Favorit di Tabanan

TABANAN – Minat siswa tamatan SD di Kabupaten Tabanan untuk masuk SD favorit melalui jalur zonal cukup tinggi. Hal ini terlihat dari empat SMP Negeri di Tabanan dan Kediri, jumlah siswa yang terdaftar.

Hingga hari terakhir pendaftaran, Rabu (23/6) lalu, ada ratusan pendaftar yang mencapai tingkat prestasi. Sedangkan kuota yang tersedia hanya belasan orang.

Seperti yang terjadi di SMPN I Tabanan. Pada jalur prestasi, jumlah mahasiswa yang terdaftar mencapai 253 orang. Sedangkan kuota hanya 53 orang.

Kepala SMPN I Tabanan I Wayan Widarsa tampaknya menolak kondisi ini. Dia menyebutkan 53 kuota dalam perjalanan menuju prestasi. Sebanyak 233 orang mendaftar melalui raport, 10 orang untuk seni dan 10 orang untuk olahraga.

Baca:  Bupati Tamba Serahkan Ribuan Sembako Bagi Lansia di Jembrana

“Tapi kuota yang tersedia hanya 53 orang. Oleh karena itu, sebanyak 200 pendaftar di jalur prestasi pasti tidak dapat diterima, karena kuota yang tersedia di jalur non-zoning,” ujarnya.

Hal yang sama berlaku untuk migrasi orang tua. Dari kuota 17 orang. Jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 34 orang. Sebanyak 17 orang atau 50 persen pendaftar tidak akan diterima.

“Sementara dari jalur afirmatif atau siswa miskin. Dari kuota 53 orang yang mendaftar hanya 14 orang. Sisanya, 39 akan masuk jalur zonasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Made Darmawita saat disetujui menambahkan, di seluruh sekolah di Kota Tabanan dan Kediri peminat jalur prestasi berkembang pesat. Baik di SMPN I, 2 dan 3 Tabanan maupun SMPN 1 Kediri.

Baca:  Australia salurkan paket bantuan untuk Indonesia atasi COVID-19

“Memang dari tahun ke tahun, jalur pencapaian harus berkembang pesat,” ujarnya.

Selain SMPN 1 Tabanan, kondisi serupa juga terjadi di SMPN 2 Tabanan. Dari capaian kuota rute 44 kursi. Sementara itu, 96 orang mendaftar.

Sehingga total ada 52 siswa yang tidak dapat ditampung. Sedangkan jalur penegasan dari kuota, 44, sebanyak 19 pendaftar. Sedangkan pada jalur parental transfer, 8 pendaftar kurang dari kuota 13 orang.

Di SMPN 3 Tabanan terdapat 23 pendaftar jalur prestasi dari kuota 19, jalur afirmasi hanya lima pendaftar dengan kuota 23 dan jalur transfer hanya tiga orang dari kuota enam. Di SMPN I Kediri, jumlah pendaftar jalur prestasi sebanyak 53 orang dari kuota yang hanya 39 orang.

Baca:  Bali Usulkan Rp 260 Miliar untuk Perbaikan Infrastruktur

Jalur asersi hanya 32 dan jalur transfer registrar 13 orang sama dengan kuota yang dicari.

Ditambahkannya, setelah pendaftaran trayek tanpa zona ditutup pada pukul 13.00 WITA, pihak sekolah dan pihak Disdik Tabanan membenarkan ketentuan yang telah dimasukkan peserta pada website yang disediakan.

.

Komentar