Ombak Besar Terjang Pesisir Jembrana, Pemukiman Warga Berantakan

by -5 views
Ombak Besar Terjang Pesisir Jembrana, Pemukiman Warga Berantakan

NEGARA – Cuaca buruk di perairan selatan Jembrana mengkhawatirkan warga pesisir. Pasalnya, dalam dua hari terakhir, gelombang tinggi yang terjadi sudah mencapai pemukiman warga.

Bahkan sejumlah rumah dan tempat usaha hancur diterjang ombak. Seperti yang terjadi di pesisir Pantai Peisah, Desa Banyubiru, Kabupaten Negeri, Kamis (24/6).

Gelombang besar yang terjadi menghancurkan rumah dan tempat usaha warga. Pemiliknya, harus mengevakuasi barang-barang berharga sebelum gelombang besar datang dan merusak bangunan.

“Biar aman dulu, pindahkan barangnya. Karena ombaknya mungkin lebih panjang,” kata Yanto, salah satu pemilik warung lesehan yang terdampak.

Gelombang besar telah terjadi selama dua hari terakhir, tetapi yang terburuk terjadi kemarin. Gelombang besar ini diperkirakan akan terjadi pekan depan, sehingga barang-barang berharga milik warga yang rumahnya berada di pinggir pantai untuk sementara dipindahkan.

Baca:  Sebulan Huni RSJ Bangli, Warga Denmark Akhirnya Dideportasi dari Bali

Kerusakan yang cukup signifikan disebabkan oleh gelombang, hal ini juga memperparah pantai yang telah terkikis karena abrasi. Penyusutan pantai akan semakin meluas karena tidak adanya titik pengaman pantai. Karung berisi pasir dan sampah yang dipasang warga untuk menahan abrasi juga rusak akibat ombak yang kuat.

.

Komentar