Aksi Sosial FK Unud Kumpulkan 39 Kantong Darah 

by -2 views
Aksi Sosial FK Unud Kumpulkan 39 Kantong Darah 

DENPASAR, Radar Bali– Komitmen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Pemulihan donor terapi plasma kembali bersinergi dengan Satgas Penanggulangan Penyakit Virus Corona (Satgas) Provinsi Bali dan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali, Rabu (21/7) pagi. 39 kantong darah terkumpul dalam aksi sosial yang dipusatkan di Gedung Cakra Vidhya Usadha, FK Unud. 5 kantong di antaranya adalah donor terapi plasma rehabilitatif.

Kegiatan yang menumbuhkan semangat berbagi dengan sesama, mengabdi kepada masyarakat, negara dan bangsa ini didukung oleh Tim Asistensi Medis Janarduta FK Unud. “Panglima perang di era pandemi Covid-19 itu proc. Proses ini harus kita ikuti,” ujar Dekan Fakultas Kedokteran Unud, Prof Dr dr I Ketut Suyasa, SpB Sp OT(K). Menyadari hal tersebut pihaknya juga memberikan layanan telecounseling gratis bagi pasien Covid-19 yang diisolasi di rumah.

Baca:  Hasil Riset : Karyawan pilih bekerja secara daring atau hibrida

Termasuk mengkampanyekan Pesan Ibu. Baginya, sosok ibu adalah tulang punggung keluarga di masa pandemi Covid-19. “Jika seorang ibu berkumpul untuk berkontribusi dalam mengatasi disiplin pelayanan kesehatan di rumah, maka PPKM tidak lagi disebut PPKM mikro, tetapi PPKM di tingkat keluarga,” jelasnya.

Prof. dr. dr. Anak Agung Wiradewi Lestari, Sp.PK(K), konsultan patologi klinik obat transfusi di FK Unud, menegaskan dana plasma yang terkumpul sangat bermanfaat bagi pasien Covid-19. “Jika kita memberikan” antibodi “militer” kepada pasien (plasma pemulihan, red.), maka “tentara” akan dapat melawan virus secara langsung. Jika Anda menunggu pasien untuk membentuk “pasukan”, itu akan memakan waktu waktu yang lama,” katanya. Prof. Secara berkelanjutan, tidak semua korban menghasilkan plasma pemulihan.

Baca:  Gempa magnitudo 5,6 landa Sulawesi Utara

.

Komentar