Peminat Ilmu Falakiyah Kecil

by -20 views
Peminat Ilmu Falakiyah Kecil

RadarBanyuwangi.id – Menentukan awal bulan Islam, seperti Ramadhan, seringkali menggunakan metode rukyatul hilal. Meski terkesan menyenangkan, hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan ini.

Hal itu disampaikan Ketua Institut Falakiyah NU Banyuwangi, Ghufron Mustofa saat mengikuti pelatihan rukyatul hilal di IAI Ibrahimy Genteng, kemarin. Menurutnya, mahasiswa dan mahasiswa yang peduli dengan bidang astronomi masih sedikit. Itu karena cukup rumit, dan ilmu astronomi ini juga tidak dipromosikan, padahal persyaratannya sangat penting. “Ini sangat mirip dengan phoology atau pembagian warisan. Sumber daya manusia di bidang astronomi sangat sedikit,” jelasnya.

Untuk mengantisipasinya, berbagai cara telah dilakukan. Termasuk mengadakan sejumlah latihan. Dalam latihan tersebut, peserta diberikan penjelasan tentang hukum rukyat, yaitu praktik mengamati bulan dengan menggunakan peralatan manual atau digital. “Dalam pelatihan kita mendidik peserta menggunakan global station, kami juga menyampaikan rule of law,” jelasnya.

Baca:  Polsek Pesanggaran Sita 296 Botol Miras

Gufron berharap ke depan banyak lembaga pendidikan yang dimobilisasi untuk memajukan ilmu ini. Sebab, ilmu ini sangat penting untuk menentukan waktu terkait ibadah, seperti pelaksanaan shalat, puasa, dan haji. “Ada yang mulai fokus ke pesantren seperti Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, semoga lebih banyak lagi,” terangnya.. (sli / abi)

.

Komentar