Pemkab Banyuwangi Siapkan Skema Skrining GeNose

by -25 views
Pemkab Banyuwangi Siapkan Skema Skrining GeNose

RadarBanyuwangi.INDO Aplikasi uji GeNose di bandara dan pelabuhan akan berlangsung pada awal Mei. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga telah menyiapkan skema untuk melakukan uji GeNose guna mengantisipasi calon penumpang kapal dan pesawat yang dinyatakan positif Covid-19.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Dwi Yanto mengatakan, persiapan GeNose bukan hanya tugas pelabuhan dan bandara. Pemerintah kabupaten melalui Satgas Covid-19 juga telah menerapkan sistem yang mendukung implementasi GeNose.

Berdasarkan surat edaran (SE) yang dikeluarkan, penerapan GeNose harus tetap mengacu pada kebijakan masing-masing daerah. “Kami sedang koordinasi dengan K3, sedangkan saat ini belum ada petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan,” kata Dwi.

Baca:  Siapkan Klausul Zona Larangan Main Layangan

Sebelum uji GeNose berlangsung, Dinas Perhubungan dan Satgas Covid-19 akan bekerja sama untuk menyelesaikan skema bagi penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 saat menggunakan GeNose. Apakah Anda perlu kembali ke pengujian antigen, lalu dibuang atau diisolasi.

“Kami masih menunggu, yang jelas penerapan GeNose terintegrasi antara pemerintah kabupaten dan bandara serta pelabuhan. Jadi lebih bersifat teknis. Diisolasi secara mandiri, dideportasi, atau apa pun,” jelasnya.

Sambil menunggu rapat koordinasi dengan satgas, Dwi optimistis implementasi GeNose di bandara dan pelabuhan sudah siap pada 1 Mei mendatang. Apalagi, Bandara Banyuwangi dan ASDP Ketapang sebelumnya diminta melakukan persiapan teknis untuk implementasi GeNose, baik dari peralatan maupun sumber daya manusia yang ditugaskan. “Kami optimistis bisa dilaksanakan pada 1 Mei. Ini sisi praktis, aman dan murah yang bisa dilaksanakan,” pungkasnya.

Baca:  Isu Tsunami, Wisata Pulau Merah Sepi Pengunjung

Pada awal Mei, pengujian GeNose akan dilaksanakan untuk penumpang kapal di Pelabuhan Ketapang. ASDP akan bekerja dengan pihak ketiga untuk menyelesaikan implementasi teknis GeNose. Mulai dari laboratorium, petugas medis, hingga peralatan yang digunakan untuk memeriksa calon penumpang. Selain pelabuhan, pengujian GeNose juga akan dilakukan di Bandara Banyuwangi pada awal Mei. (fre / aif)

.

Komentar