Beras Zakat Kemasan 2,5 Kg Kian Diminati

by -21 views
Beras Zakat Kemasan 2,5 Kg Kian Diminati

RadarBanyuwangi.INDO – Beras kemasan kini semakin diminati. Tak heran, para pedagang di pasar sudah mulai menyediakan beras kemasan dengan berbagai ukuran bobot zakat fitrah.

Hampir semua pedagang yang khusus menjual beras di Pasar Banyuwangi dan Pasar Rogojampi kebanjiran warga yang ingin membeli beras zakat fitrah. Beras itu dikemas dengan berat tiga kilogram.

Mey Lorena, salah satu pedagang beras di Pasar Rogojampi, mengatakan menjelang Lebaran, masyarakat biasanya ramai berburu beras khusus untuk zakat fitrah. Awalnya ia hanya menyiapkan zakat fitrah beras dalam kemasan plastik seberat 2,5 kg.

Di luar dugaan, permintaan beras kemasan semakin tinggi. Hingga akhirnya Mey mulai membuat kemasan khusus dengan wadah plastik yang lebih tebal. “Permintaan penduduk bervariasi, ada yang berisi 2,5 kg, ada yang 3 kg,” ujarnya.

Baca:  terus meningkatkan kualitas pelayanan. Sarana prasarana, penambahan al

Permintaan beras kemasan untuk zakat fitrah sudah mulai meningkat sejak awal Ramadhan. Untuk harga beras kemasan zakat fitrah, Mey sengaja mengemasnya dalam berbagai ukuran dan harga.

Beras kualitas normal seberat 2,5 kg dijual dengan harga Rp 25 ribu. Sedangkan untuk paket bagus seberat 3 kg dan beras kualitas Mey dibanderol Rp 35 ribu. “Yang mahal itu beras berkualitas, wangi, dan punel,” jelasnya.

Setidaknya tak kurang dari 50 bungkus beras seberat 3 kilogram bisa terjual dalam sehari. Baik oleh warga yang membeli untuk dijual kembali maupun digunakan untuk menunaikan kewajiban zakat. “Mungkin masyarakat yang malas perlu khawatir menimbang beras. Akan membeli produk jadi tiga kilogram. Lebih praktis, irit, tidak ribet dan harganya juga sama,” jelasnya.

Baca:  Bantu Alat Pembuat Kue Pada Warga Lereng Raung

Mey menambahkan, karena banyak warga yang memberi zakat, dia sudah menyiapkan nasi bungkus untuk zakat di tokonya. “Biasanya sebelum hari raya Idul Fitri H-1 banyak, semua orang mulai beli beras untuk zakat fitrah,” ujarnya.

Salah satu pembeli beras kemasan zakat, Alfian mengaku sengaja membeli beras terlebih dahulu untuk mendapatkan zakat. Ia memilih beras branded seberat tiga kilogram. “Untuk memberikannya kepada orang lain, kita harus menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Alfian sengaja membelinya jauh-jauh hari agar tidak bingung menjelang lebaran. Menurutnya, beras kemasan zakat dinilai lebih praktis dan higienis. Apalagi kemasan plastik juga lebih tebal dari kantong plastik pada umumnya. “Aku akan menyiapkannya dulu, kalau sudah waktunya untuk membawanya,” katanya. (ddy/ afi / c1)

Baca:  BBPJN Jatim Berencana Bikin Jembatan Sementara

.

Komentar