Dapat Diskon Pajak Kendaraan selama Ramadan

by -23 views
Dapat Diskon Pajak Kendaraan selama Ramadan

RadarBanyuwangi.INDO – Kabar gembira bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur memberikan potongan cukai kendaraan selama bulan Ramadhan. Warga Bumi Blambangan juga dapat memanfaatkan program ini melalui Samsat Banyuwangi.

Diskon Ramadhan mulai berlaku pada 20 April dan berakhir pada 22 Juni. Diskon ini diberikan untuk semua kendaraan baik baru maupun lama. Untuk kendaraan baru sendiri khususnya untuk roda dua dan tiga mendapatkan diskon 15 persen. Sedangkan untuk roda empat ke atas mendapat diskon 5 persen. “Diskon Ramadhan sudah diberikan sejak lama, hingga pertengahan Juni,” kata Kapolres Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani.

Fani menjelaskan, program diskon Ramadhan ini sebenarnya merupakan program dari Pemprov Jatim. Tujuannya agar wajib pajak mematuhi pembayaran pajak kendaraannya. “Insentif pajak diskon Ramadhan ini memberikan kelegaan bagi masyarakat di tengah wabah Covid-19 yang tak kunjung usai,” ujarnya.

Baca:  Kapten Oleng Resahkan Pengguna Jalan

Insentif pajak yang diberikan, jelas Fani, berupa pengurangan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 15 persen untuk roda dua dan roda tiga, serta 5 persen untuk roda empat atau lebih. “Banyak pemotongan dan pengecualian dari pembatasan yang diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Wajib Pajak juga mendapatkan kesempatan berupa pembebasan dari pembatasan administrasi pembayaran PKB dan biaya transfer kendaraan bermotor (BBNKB). Tahun lalu, pemerintah juga memberikan insentif pajak berupa pemotongan mahkota. “Ini kesempatan bagi masyarakat untuk bisa memanfaatkan program dari Pemprov Jatim ini,” ucapnya.

Dengan adanya diskon Ramadhan ini, antusias wajib pajak cukup besar. Artinya banyak warga yang merasa terbantu dengan pemberian diskon tersebut. “Banyak yang memanfaatkannya, artinya semangat masyarakat Banyuwangi sangat besar,” jelas Fani.

Baca:  Kepulan Asap Raung Belok ke Utara

Fani berharap pemotongan Ramadhan yang diberikan Pemprov Jatim dan dilaksanakan di Samsat Banyuwangi dapat mendorong masyarakat untuk membayar pajak. Karena pajak ini akan menjadi sumber daya yang sangat penting untuk menciptakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap kesadaran masyarakat dalam membayar pajak juga semakin meningkat,” pungkasnya. (rio/ afi / c1)

.

Komentar