Gerakan Sedekah Marak Bermunculan

by -23 views
Gerakan Sedekah Marak Bermunculan

RadarBanyuwangi.id – Gerakan berbagi dengan sesama kini muncul di berbagai tempat. Saat ini warga Desa Kesilir, Kecamatan Siliragung, membagikan kebutuhan dapur dan pakaian yang layak pakai. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat sore.

Berbeda dengan pergerakan serupa di tempat lain, pengaturan waktu pembagian kebutuhan dapur dan sandang di tempat ini ditentukan. Sebelum memulai, warga yang sudah datang harus berbaris rapi. “Kegiatan ini dimulai saat warga harus menjalani segregasi mandiri,” kata Dwi Kristanti, Koordinator Toko Amal Peduli Rakyat (GSP) Desa Kesilir.

Saat warga mengalami isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19, jelasnya, banyak warga yang memberikan dukungan sembako. Dan itu, berlanjut hingga hari ini. “Barang yang dibagikan merupakan sumbangan dari dermawan dan anggota masyarakat,” jelasnya.

Baca:  FK-KBIHU Minta Vaksinasi Kolektif bagi CJH

Penghuni yang bisa mengambil barang di charity shop ini, terangnya, adalah masyarakat umum. Mereka bisa datang pada hari Jumat sore. Pada Jumat pagi, anggota masyarakat mendekati para lansia. Dalam gerakan ini, ia juga menciptakan fasilitas kamar mandi dan toilet (MCK) untuk keluarga lansia. “Jumat pagi kami membagikan bingkisan untuk nenek,” jelasnya.

Kristanti mengatakan, kegiatan yang dilakukan murni dari warga negara dan tidak memiliki kepentingan politik. Ia berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat dimanapun untuk melakukan hal serupa. “Semoga bisa menyebar ke banyak orang,” harapnya.

Salah satu warga, Siti, 60 tahun, mengaku datang ke tempat ini setiap Jumat. Menurutnya, kegiatan ini cukup baik dan bermanfaat bagi warga khususnya yang kurang mampu. “Niki sae, saya sudah di sini empat hari Jumat,” jelasnya.(sli / abi)

Baca:  Asap Raung Masih Condong ke Tenggara

.

Komentar