Permintaan Kelapa Banyuwangi Rendah

by -33 views
Permintaan Kelapa Banyuwangi Rendah

RadarBanyuwangi.INDO – Usaha jual kelapa belum menunjukkan hasil yang maksimal. Sejak wabah Covid-19, permintaan pasar di luar kawasan tetap rendah.

Salah seorang pengepul kelapa, Nanang Dwi Hariyanto, 35 tahun, dari Desa Kesilir, Kabupaten Siliragung, mengaku telah mengirimkan buah kelapa ke wilayah Jombang. Di Jombang, kelapa akan didistribusikan ke beberapa pasar. “Permintaan masih sama, belum ada tanda-tanda kenaikan,” ucapnya.

Dibandingkan sebelum Korona, jelasnya, pengiriman buah kelapa lebih sedikit. Saat mengirim dengan truk, kirimkan 6.000 benih sekaligus. “Dulu seminggu lima kali, sekarang seminggu tiga kali,” ujarnya.

Kondisi pasar yang lesu, kata dia, diperburuk dengan buruknya kualitas kelapa di Banyuwangi akibat cuaca yang tidak stabil. Untuk mendapatkan buah kelapa, saat ini tidaklah mudah. “Endapan kelapa menurun karena pohon mulai merosot,” katanya.

Baca:  Baznas Tentukan Kadar Zakat Fitrah, Per-Sha’ 2,75 Kilogram

Pungutan yang jauh lebih murah itu, jelasnya, karena lahan perkebunan yang semula ditanami pohon kelapa, kini ditanami tebu. Sedangkan untuk pohon yang ada di desa, jumlahnya juga berkurang. “Selain perkebunan, pohon di desa ini lebih sedikit,” jelasnya.(sli / abi)

.

Komentar