Salah Pemdes Jika Warga Miskin Tidak Tercover DTKS

by -43 views
Salah Pemdes Jika Warga Miskin Tidak Tercover DTKS

RadarBanyuwangi.id – Bupati Situbondo Karna Suswandi berencana menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) tentang program kesehatan gratis (Sehati) pekan depan. Ia pun meminta kepala desa (Kades) untuk melengkapi data tentang kesejahteraan sosial (DTKS) dalam waktu dekat.

Menurut Bupati, jika ada warga miskin yang tidak terlindungi di DTKS, itu bukan lagi kesalahan Pemerintah Daerah (Pemda). Ini menjadi tanggung jawab pemerintah desa (Pemdes).

“Karena pemerintah kabupaten (Pemda) sudah cukup menekan Pemdes untuk segera menyelesaikan DTKS. Dan mencakup seluruh masyarakat miskin di desanya masing-masing. Sehingga masyarakat yang sangat membutuhkan pengobatan gratis bisa mendapatkan manfaat dari program Sehati,” ujarnya.

Bupati menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengirimkan surat kepada Kepala Desa di Kota Santri. “Isinya sama. Yaitu meminta kepala desa segera menyelesaikan DTKS. Dan juga menghimbau agar tidak ada satu orang miskin pun yang tidak terlindungi di DTKS,” jelasnya.

Baca:  Asparagus Doa Bersama untuk Palestina

Meski, kata Bupati, pihaknya yakin pemerintah desa bisa melindungi data semua warga miskin. “Saya pasti percaya dan yakin dengan kinerja kepala desa. Ya semoga harapan saya sejalan dengan pernyataan yang ada,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Bupati, ke depan pihaknya akan terus mendatangi desa untuk memantau hasil pendataan yang dilakukan pemerintah desa. Apakah semua orang miskin benar-benar terlindungi atau tidak?

Oleh karena itu, sekali lagi saya tegaskan bahwa pendataan DTKS harus dilakukan dengan serius dan serius. Karena data ini untuk kepentingan umum pada umumnya. Saya tidak mau, ada masyarakat di komunitas saya yang masih memiliki kesulitan berobat. Baik di Puskesmas atau rumah sakit, ”terangnya. (zul)

Baca:  Adu Moncong Vario versus Grand; Satu Meninggal, Satu Luka Parah

.

Komentar