Jamin Keamanan Daging untuk Konsumsi

by -49 views
Jamin Keamanan Daging untuk Konsumsi

RadarBanyuwangi.id – Stok daging di pasaran dijamin aman dikonsumsi. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Situbondo memastikan tidak ada daging yang berbahaya atau diragukan kehalalannya.

Kepala Disnakkeswan Muhammad Hasanudin Riwansia mengatakan pengawasan diperketat di setiap instalasi unit pelayanan. Baik di Rumah Potong Hewan (RPH), Puskeswan, dan Pasar Hewan. “Sebenarnya sudah kita lakukan setiap hari, lebih diperhatikan agar tidak membahayakan masyarakat,” ucapnya.

Pemasangannya dilengkapi dengan paramedis. Mereka dikerahkan untuk memastikan kesehatan dan keamanan daging yang dijual ke publik. “Jangan sampai dagingnya tidak sehat. Kalau diduga ilegal bisa dipantau,” jelasnya.

Oleh karena itu, setiap daging yang akan diperdagangkan ke masyarakat harus dinasihati untuk dibawa ke tempat pemotongan hewan terlebih dahulu. Pasalnya, di RPH telah dilakukan mekanisme pemeriksaan hewan yang ketat. “Daging yang tidak keluar dari RPH tidak diperbolehkan,” kata Hasanudin.

Baca:  Stok Mulai Tersedia, Harga Cabai Rawit Pun Turun

Untuk memastikan kesehatan dan kehalalan daging, Disnakkeswan juga rutin memantau peternakan. “Ini sekedar jaminan, memberikan kepastian, kenyamanan dan keamanan bagi konsumen. Itu yang dijaga,” imbuhnya.

Pemantauan oleh Disnakkeswan tidak hanya memantau kesehatan dan keamanan daging. Namun, dalam upaya memantau kemungkinan kenaikan harga. “Karena saat lebaran biasanya harga naik dan kadang tidak terukur,” ujarnya.

Ia pun memastikan ketersediaan daging untuk Lebaran akan tetap mencukupi. Ini karena Situbondo merupakan gudang ternak di Jawa Timur. Oleh karena itu, tidak ada kekhawatiran tentang kekurangan stok daging. (bib)

.

Komentar