Zona Merah, Masjid dan Musala di Yudomulyo Masih Ditutup

by -44 views
Zona Merah, Masjid dan Musala di Yudomulyo Masih Ditutup

RadarBanyuwangi.id – Perayaan Idul Fitri di Dusun Yudomulyo, Desa Ringintelu, Kabupaten Bangorejo sepi. Sejak munculnya kelompok tarawih di kampung tersebut, sejumlah mushola dan masjid dilarang membuat tempat shalat, termasuk shalat Id pada Kamis pagi (13/5).

Salah satu masjid yang tidak mengadakan shalat Idul Fitri adalah masjid Al Burhan. Masjid besar, sejak munculnya gugusan tarawih, aktivitasnya pun terbatas. Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangorejo, juga melarang masjid dibuat untuk shalat Id. “Dusun Yudomulyo itu Zona Merah,” jelas Bupati Bangorejo Taufik Rahman.

Karena berada di Zona Merah, jelasnya, belum ada masjid atau mushola yang menyelenggarakan shalat Idul Fitri. Saat Idul Fitri, warga juga tidak melakukan anjangsana, dan tinggal di rumah. “Ini untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di desa,” ucapnya.

Baca:  Suhari, Pengerajin Piring Hias Sepi Pesanan sejak Pandemi Covid-19

Taufik menyampaikan, cluster tarawih di Dusun Yudomulyo, Desa Ringintelu sebenarnya ada 57 kasus aktif, enam pasien sembuh, 53 pasien menjalani isolasi mandiri, dan empat pasien di rumah sakit. “Enam pasien meninggal positif Covid-19, satu dengan status kemungkinan besar,” katanya.

Menurut Taufiq, karena masih di Zona Merah, ada beberapa masjid yang belum melaksanakan salat Jumat kemarin (14/5). Dia memerintahkan semua masjid dan mushola untuk menyemprotkan disinfektan setiap hari. “Sejak Senin (3/5) seluruh takmir masjid dan mushola sudah diinstruksikan untuk tidak menggelar salat berjamaah,” ujarnya.

Saat ini Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangorejo masih memantau pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Petugas juga masih bersiaga di lokasi. Hal itu dilakukan untuk mengingatkan warga agar taat pada protokol kesehatan. “Untuk dusun lain di Desa Ringintelu juga harus menerapkan tata tertib kesehatan. Tempat cuci tangan harus disediakan di rumah, masjid, mushola dan kantor,” pungkasnya.(kri / abi)

Baca:  Kondisi Istri yang Dibacok Membaik, Tapi Harus Jalani Operasi

.

Komentar