Ikawangi Pusat Punya Kantor Baru, Gaban Siapkan Program Khusus

by -30 views
Ikawangi Pusat Punya Kantor Baru, Gaban Siapkan Program Khusus

TUBUH Keluarga Banyuwangi Tengah (Ikawangi), Jakarta, Minggu (6/6) menempati kantor baru di kawasan Tanah Merdeka, Kampung Rambutan, Jakarta Timur. “Mudah-mudahan ini menjadi langkah terakhir,” kata Ketua Ikawangi Bambang Sugiono Tengah.

Bambang mengatakan, peresmian kantor sekretariat baru dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan. Hanya satu orang yang diundang mewakili satu koordinator wilayah di sepuluh wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Tangerang Besar, dan Cilegon-Merak-Serang (Cimerang).

Ada juga Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang resmi di bawah payung Ikawangi, seperti Prajurit Blambangan, Magenta (Grup Wong Genteng), Ikabaru (Grup Wong Kalibaru), Gowes Ikawangi. Dan ada juga organisasi Alumni ITB dari Banyuwangi Gajah Banyuwangi (Gaban) yang datang diwakili oleh ketuanya Beny Yusron. Dari perwakilan sesepuh, Rusdi Maksum dan Muh juga hadir. Noer Affandi. “Pengurus lain yang ingin mengikuti acara peresmian diberikan layanan live di Zoom,” kata Bambang.

Baca:  Cara Unik Petani Yosomulyo Usir Hama Padi dengan Sabut Kelapa

Affandi saat memberikan sambutannya menjelaskan bahwa Ikawangi dulunya bernama Pewangi Jaya. Ketua pertama adalah Sutarjianto dan Affandi diminta menjadi sekretaris. “Pada tahun 1991 Pak Kahfi diangkat menjadi Walikota Jakarta Pusat, beliau meminta untuk menghidupkan kembali Pewangi Jaya, dengan memerintahkan Pak Busairi Abdullah menjadi Ketuanya,” ujarnya.

Sebagai informasi, Ikawangi yang sebelumnya bernama Pewangi Jaya (Ikatan Keluarga Banyuwangi, Jabodetabek), pertama kali dibentuk di Jakarta. Organisasi ini tidak hanya asosiasi, tetapi juga organisasi yang membantu memasarkan produk Banyuwangi, dan melakukan kegiatan sosial untuk Banyuwangi.

Ketua pertama adalah Sutarjianto didampingi oleh Affandi sebagai sekretaris. Organisasi Pewangi Jaya harus berhenti pada tahun 1985 karena kesibukan masing-masing anggota. Kemudian pada tahun 1991, Kahfi masuk ke Jakarta karena diangkat menjadi walikota Jakarta Pusat. “Dia berinisiatif untuk menghidupkan kembali Pewangi Jaya dan meminta Tuan Busairi Abdullah menjadi pemimpin. Kemudian nama organisasi ini diubah menjadi Ikawangi hingga sekarang,” ujarnya.

Baca:  Ayah dan Anak Ditemukan Selamat di Atas Batu Karang

Sementara itu, Ketua Gaban Beny Yusron menyampaikan apresiasinya terhadap kantor baru Ikawangi. Menurut alumni ITB, kantor baru Ikawangi di kawasan Tanah Merdeka di Kampung Rambutan, Jakarta Timur akan menjadi rumah bagi warga Banyuwangi di luar negeri. “Tentu ke depan kita akan sering bermain di kantor sekretariat, termasuk membuat program khusus untuk Banyuwangi,” ujar pria kelahiran Desa Lateng ini.

Komentar