Banyak Berbagi Pengalaman dengan Kepala Daerah Secara Virtual

by -21 views
Banyak Berbagi Pengalaman dengan Kepala Daerah Secara Virtual

RadarBanyuwangi.id – Bupati Banyuwangi 2010-2020, Abdullah Azwar Anas, tampak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berbagi pengalaman sebagai kepala daerah. Ia sesekali mengikuti seminar, seperti yang ia lakukan tadi malam saat berbagi pengalaman dengan sejumlah kepala daerah dari berbagai daerah dalam forum virtual yang difasilitasi Kementerian Dalam Negeri.

“Hanya diskusi. Saya juga belajar, membaca teori pemerintah karena saya perlu update, saya harus membuat materi presentasi,” kata Anas kepada RadarBanyuwangi.id.

Anas mengatakan, setelah tidak lagi berkecimpung di dunia pemerintahan, ia sangat ingin mengisi hari dengan diskusi dan berbagi pengalaman dengan siapa saja yang membutuhkan.

“Hari ini (kemarin, Red) diundang Kemendagri, jadi kita akan mengisinya sembari belajar sambil juga mendengar pemikiran dari para bupati yang masih menjabat, serta dari kalangan akademisi yang terlibat,” kata mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi).

Baca:  Pengelola KBIH Memahami Keputusan Pemerintah

Selain berbagi pengalaman dalam forum-forum seperti seminar, Anas juga memberikan banyak waktu bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian, baik untuk skripsi maupun disertasi. Ada beberapa mahasiswa yang mengambil tema penelitian tentang kebijakan publik, pengembangan pariwisata, dan ilmu politik.

“Kebetulan ada yang mengambil kasus penelitian di Banyuwangi, dan saya dinilai sebagai salah satu pihak yang perlu diwawancarai untuk menyelesaikan penelitian. Ada yang wawancara tatap muka, ada yang melalui virtual karena sebagian kampus dari luar Banyuwangi. ,” dia berkata.

Anas mengaku senang dengan kegiatan tersebut karena menuntut dirinya kembali membaca buku. Sebab, ia juga harus membuat materi presentasi untuk seminar tersebut. Ia juga harus mampu menyeimbangkan pertanyaan dari siswa, yang sebagian bersifat teoritis. “Jujur, waktu saya jadi bupati, saya membaca beberapa buku, karena saya sibuk. Sekarang senang punya cukup waktu untuk membaca buku. Sekaligus membuat materi, dan menjawab pertanyaan siswa,” ujarnya. (sgt / aif/ c1)

Baca:  Hendak Beli Bakso Depan Rumah, Bocah Tewas Ditabrak Kijang

.

Komentar