Ke Ponpes Blokagung, Ipuk Tinjau Vaksinasi Covid 2.330 Santri

by -6 views
Ke Ponpes Blokagung, Ipuk Tinjau Vaksinasi Covid 2.330 Santri

Radar Banyuwangi.INDO – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus meningkatkan vaksinasi Covid-19. Target vaksinasi diperluas. Tak terkecuali pelajar di ujung timur pulau Jawa.

Seperti yang dilakukan kepada santri di Pesantren Darussalam (Ponpes), Blokagung, Kabupaten Tegalsari. Tak antusias, vaksinasi yang diluncurkan sejak Jumat (18/6) hingga Sabtu (19/6) diberikan kepada 2.330 siswa.

Bupati Ipuk Fiestiandani memantau langsung proses vaksinasi saat kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Karangdoro, Kabupaten Tegalsari, Jumat (18/6). Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Banyuwangi itu disambut Nyai Hj. Maheasy Hisyam, Nyai Hj. Syafaat Handariyatul Masruroh, Nyai Nafis Hasyim, dan Nyai Hj. Maheasy Ahmad |

Bupati Ipuk mengatakan, tingkat penyerapan vaksin di Banyuwangi merupakan yang tertinggi di Jawa Timur. Ia menyatakan akan terus meningkatkan vaksinasi ini agar dapat menjangkau semua kalangan tanpa terkecuali. “Termasuk mahasiswa,” kata Ipuk kepada RadarBanyuwangi.id.

Baca:  Polresta Raih Penghargaan dari Kapolda

Ipuk mengatakan, selain di Ponpes Darussalam Blokagung, vaksinasi juga dilakukan di sejumlah pesantren lain. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap saat vaksin tersedia. “Bismillah, ini upaya bersama kita, termasuk perintah dari kiai dan Puan Nyai, bahwa menjaga kesehatan sangat penting dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu keluarga besar ponpes Darussalam, Indi Najmu Tsaqib, mengapresiasi perhatian Pemkab Banyuwangi tentang vaksinasi di kalangan pesantren. “Ini sangat membantu pondok pesantren dalam menghadapi wabah Covid-19,” ujar pria yang akrab disapa Gus Endi ini.

Pesantren Darussalam, tambah Gus Endi, mengutamakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Semua mahasiswa yang baru pulang liburan wajib menjalani tes antigen. Mereka juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas di luar pesantren. “Di tahun ajaran baru ini, kami juga ingin semua guru di pondok pesantren divaksin,” jelasnya.

Baca:  Staf Puskesmas Kedungwungu Dijatah WFH 4 Hari

Sedangkan pada 16 Juni 2021, serapan vaksin di Banyuwangi mencapai 89,9 persen. Persentase penyerapannya paling tinggi di Jawa Timur. Tak kurang dari 334 ribu dosis vaksin yang disuntikkan dari 372.570 dosis vaksin yang diperoleh Pemkab. (sgt / aif)

.

Komentar