40 Penghafal Alquran Dapat Tunjangan Kehormatan

by -5 views
40 Penghafal Alquran Dapat Tunjangan Kehormatan

RadarBanyuwangi.id – 40 penghafal Al-Qur’an di Situbondo akan mendapatkan tunjangan kehormatan dari Gubernur Jawa Timur. Saat ini, proses seleksi penerima tunjangan masih berlangsung.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Sugiyono menjelaskan, ada 48 penghafal Al-Qur’an yang mengikuti pilkada. Mereka diuji kemampuan hafalannya oleh perwakilan Lembaga Pengembangan Tahfid Al-Quran (LPTQ) Jawa Timur. : Pemilihan dipimpin langsung oleh ketua LPTQ daerah yaitu KH. Abdul Hamid,” jelasnya kemarin.

Dari seluruh calon penerima, 40 akan direkrut. Sugiyono mengakui jumlah tersebut merupakan kuota provinsi. “Namun kuota ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 33 orang,” tambah Sugiyono kepada RadarBanyuwangi.id.

Dijelaskannya, ada beberapa kriteria yang akan dinilai oleh tim seleksi. Diantaranya, telah hafal Al Quran 30 juz. Yang terbaik adalah memiliki sertifikat atau sertifikat prestasi di bidang hafalan Al-Qur’an. “Kemudian, warga Situbondo ditunjukkan dengan KTP,” jelas Sugiyono.

Baca:  Kebalenan Siap Jalankan Pembatasan Mikro

Selain itu, calon penerima tunjangan tersebut adalah guru lembaga pendidikan Al-Qur’an di pondok pesantren atau pesantren nonmuslim selama minimal lima tahun. Bukti sebagai guru diperkuat dengan surat rekomendasi atau pernyataan dari lembaga tempat ia mengajar.

“Usia minimal 25 tahun dan lebih baik untuk tenaga pengajar yang masih membutuhkan bantuan secara ekonomi,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro ini.

Sedangkan 40 penghafal Al-Qur’an yang lolos pemilu akan mendapatkan insentif bulanan. Mereka mendapat tunjangan honorer Rp 250 ribu sebulan. “Serah terima akan dilakukan dalam dua tahap, sebelum Idul Fitri dan akhir tahun ini,” kata Sugiyono. (bib)

Baca:  Pasien Membeludak, RSUD Genteng Buka Ruang Isolasi Baru

.

Komentar