MBB Genteng Masih Gelar Salat Jumat

by -3 views
MBB Genteng Masih Gelar Salat Jumat

RadarBanyuwangi.id – Di tengah pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Darurat Masyarakat (PPKM), Masjid Raya Baiturrohman (MBB) di Desa Genteng Wetan, Kabupaten Genteng tetap menggelar salat Jumat.

Hingga kemarin (8/7), takmir masjid tidak pernah membahas penghapusan salat Jumat. Pada pertemuan Sabtu malam (3/7), itu juga tidak membahas secara khusus masalah salat Jumat. “Tidak ada pembatalan salat Jumat,” kata penerbit MBB Tile Teguh Hariadi.

Tanpa adanya keputusan dari takmir masjid pada salat Jumat, jelasnya, kemungkinan salat Jumat di MBB akan tetap dilaksanakan. Rencananya ketua takmir MBB, Ustad Mukhdor Atim sendiri akan berperan sebagai da’i. “Kepalanya akan menjadi pengkhotbah, karena mereka yang dijadwalkan tidak dapat hadir,” katanya.

Baca:  Polisi Panggil Saksi Hajatan Kades Temuguruh

Kebijakan tetap melaksanakan salat Jumat, jelasnya, bukan berarti tidak mengikuti anjuran PPKM Darurat. Sejak awal mewabah, dalam pengambilan keputusan kegiatan ibadah, takmir mengacu pada kebijakan takmir Masjid Raya Baiturrahman Banyuwangi. “Kami mengikuti Masjid Agung,” jelasnya.

Dalam salat Jumat ini, jelasnya, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti jemaah, mereka harus memakai masker, mencuci tangan, menjauhi antrean, dan tidak berjabat tangan. “Jelas ada jarak,” katanya.

Bagi jamaah yang tidak memakai masker, kata dia, selama ini takmir memberikannya secara gratis. Namun, kali ini pasokannya hampir habis. “Besok (hari ini) sepertinya tidak ada masker (dari takmir). Dulu masih ada bantuan dari camat atau satgas,” jelasnya.(sli / abi)

Baca:  DPRD Bentuk Dua Pansus Raperda

.

Komentar