Semua Ibadah Gereja Digelar Secara Online

by -1 views
Semua Ibadah Gereja Digelar Secara Online

RadarBanyuwangi.id – Suasana berbeda terlihat di halaman gereja pada Minggu (11/11) lalu. Biasanya setiap hari Minggu diadakan misa dan kebaktian, namun kali ini tidak terlihat. Selama Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM), seluruh kegiatan ibadah dialihkan secara online.

Ketua Badan Musyawarah Antar Jemaat (Bamag) Banyuwangi, Pendeta Anang Sugeng Sulis Tyto menyampaikan, gereja-gereja Kristen di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di wilayah Banyuwangi selatan, semua kegiatan ibadah menggunakan fasilitas online. “Ada facebook langsung dan ada juga yang zoom,” ujarnya.

Penggunaan fasilitas online dalam layanan ini juga dilakukan di Gereja Katolik. Semua gereja, pada Minggu (11/7) tidak mengadakan ibadah tatap muka. “Semua gereja di bawah Keuskupan Malang saat ini mengadakan misa secara online,” kata Pastor Fadjar Tedjo Soekarno dari Gereja Katolik Santo Paulus, Desa Wringingagung, Kecamatan Gambir.

Baca:  Tes GeNose Tak Lagi Jadi Syarat ke Bali

Pelaksanaan misa online ini, jelasnya, juga berlaku untuk paroki yang menggunakan mie. Di wilayah Banyuwangi selatan, jelasnya, hal itu berlaku untuk paroki Gereja Katolik Santo Paulus dan Paroki Kristus Raja di Genteng Desa Wetan, Kabupaten Genteng. “Semuanya dilakukan secara online, termasuk para suster yang juga mengikuti secara online,” jelasnya.

Petugas yang datang ke gereja, jelasnya, terbatas. Setiap hari, hanya beberapa orang yang bisa masuk seperti dosen dan dua petugas siaran langsung. “Semuanya terbatas, semoga situasi ini segera berlalu,” harapnya.(sli / abi)

.

Komentar