Vaksinasi Masal Dijaga Ketat Polisi

by -2 views
Vaksinasi Masal Dijaga Ketat Polisi

RadarBanyuwangi.id – Untuk mengantisipasi masyarakat yang ingin divaksinasi Covid-19 di Klenteng Bio Hoo Tong, Sabtu (10/7). Kepolisian Sektor (Polresta) Kota Banyuwangi mengatur mekanisme pendaftaran, pendataan, dan waktu kedatangan peserta untuk mencegah kemungkinan penularan virus Corona.

Strategi yang digunakan adalah mengumpulkan data kependudukan sebelum pelaksanaan vaksinasi. Pengumpulan data dilakukan oleh Babinkamtibmas di setiap desa/kelurahan. Sebelum vaksinasi, Babinkamtibmas mencatat jumlah penduduk yang menerima vaksin. Sedikitnya 60 warga di setiap desa. Setelah tercatat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), setiap warga mendapatkan nomor urut, formulir vaksinasi, dan kartu undangan.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu melalui Kapolres AKBP Didik Hariyanto mengatakan, perlu diterapkan beberapa mekanisme untuk mencegah masyarakat melakukan vaksinasi massal. Nomor seri, formulir vaksinasi, dan kartu undangan digunakan selama vaksinasi. “Jika ada warga yang tidak membawa maka tidak akan dihibur. Ini untuk menghindari masyarakat dan mengantisipasi penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Baca:  Polisi Buru Pelempar Bola Tenis Berisi Sabu-Sabu

Selain itu, lanjut Didik, waktu kedatangan peserta vaksin juga diatur. Setiap jam dibatasi hanya untuk 200 orang dari total 1500 vaksin yang tersedia. “Untuk vaksinasi ini total ada 1500 dosis vaksin Sinovac. Dari jumlah tersebut, kita atur waktu kedatangan penerima vaksin, 200 orang per jam sesuai dengan nomor antrian yang tersedia. Jadi tidak ada orang di dalam gedung, “jelasnya.

Dengan metode ini, kata Didik, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan tertib. “Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi lancar dan tertib. Kami juga berterima kasih atas antusias dan pengertian masyarakat yang rutin mengikuti vaksinasi,” imbuhnya.

Didik menambahkan, strategi yang digunakan petugas saat ini juga rencananya akan diterapkan pada vaksinasi selanjutnya. “Kami berusaha melakukan vaksinasi di tempat yang berbeda setiap Sabtu sesuai data dan sebaran Covid-19 di Banyuwangi. Hari ini kami bekerja sama dengan pengelola Klenteng Bio Hoo Tong,” ujarnya.

Baca:  511 Napi Dapat Remisi, Didominasi Kasus Narkoba

Sementara itu, Sekretaris Klenteng Hoo Tong Bio, Alexander Martin mengatakan pihaknya bersyukur Klenteng Hoo Tong Bio dijadikan sebagai tempat vaksinasi. “Kita bersyukur mendapat jatah 1500 vaksin. Peminatnya juga tinggi, namun strategi penggunaan nomor urut dan waktu kedatangan yang sudah ditentukan bisa berjalan dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan komplikasi,” jelasnya. .(ri)

.

Komentar