Cegah Kecurangan, Polresta Banyuwangi Bentuk Satgas Oksigen dan Obat

by -1 views
Cegah Kecurangan, Polresta Banyuwangi Bentuk Satgas Oksigen dan Obat

RadarBanyuwangi.id – Meningkatnya kebutuhan oksigen dan obat-obatan untuk merawat pasien Covid-19 menarik perhatian Polres Banyuwangi. Untuk mengantisipasi penimbunan tersebut, Polres Banyuwangi membentuk Satgas Gakkum Nusa II. Tugas Satgas memantau ketersediaan oksigen dan obat-obatan di Banyuwangi.

Satgas tersebut beranggotakan 30 orang dari Satuan Reserse Kriminal Polres Banyuwangi. Mereka bertugas mengecek penjualan dengan harga eceran tertinggi (HET). Tim membagikan kepada seluruh distributor tabung oksigen dan obat-obatan.

Kapolres Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu melalui Kasatreskrim AKP Mustijat Priambodo mengatakan, Satgas diturunkan untuk mengusut dugaan malpraktik masalah alat kesehatan. Salah satunya adalah ketersediaan oksigen dan obat-obatan. “Satgas sudah turun dan melakukan pemeriksaan. Tim kami dibentuk untuk mengantisipasi kecurangan dalam penjualan oksigen dan obat-obatan,” jelasnya.

Baca:  Ringintelu Masuk Zona Merah, Satgas Covid-19 Batasi Mobilitas Warga

Dengan gugus tugas, tidak ada kasus akumulasi oksigen atau obat-obatan. Di Banyuwangi, kata Mustijat, pasokan oksigen untuk rumah sakit (RS) hampir habis. “Persediaan hampir habis, sementara banyak yang membutuhkan di rumah sakit. Dalam situasi saat ini, keselamatan pasien Covid-19 menjadi prioritas,” jelasnya.

Mustijat menambahkan, Satgas juga melakukan pengecekan dan pemantauan ketersediaan oksigen di rumah sakit rujukan Covid-19. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat ketersediaan oksigen oleh distributor di Banyuwangi. “Ini untuk mencegah pihak rumah sakit terlambat mengisi oksigen,” pungkasnya. (rio/ aif)

.

Komentar