Cegah Radikalisme, Bupati Pati Minta Perbanyak Dialog

by -24 views
Cegah Radikalisme, Bupati Pati Minta Perbanyak Dialog

CERITA – Pemerintah Daerah (Pemkab) Pati menggelar dialog antaragama di Hotel Safin tadi malam. Acara tersebut membahas tentang radikalisme atas nama agama. Oleh karena itu, berbagai perwakilan tokoh agama dihadirkan untuk membahas masalah ini.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah. Selain itu, sekitar 60 peserta menghadiri acara tersebut. Peserta terdiri dari unsur Forkopimda Pati, FKUB Jateng dan Pati, Kepala Satuan Kerja dan Penghubung Kementerian Agama (Kemenag) Pati, serta tokoh dan pimpinan ormas keagamaan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, bagi masyarakat yang ekstrim kebanyakan pemikirannya liberal. Selain itu, mereka kerap menganggap pemerintah selalu salah. Oleh karena itu, semua dialog dikemas dalam agama untuk didiskusikan. Hal ini setidaknya dapat mereduksi terjadinya hal-hal tersebut pada ummat / agama masing-masing.

Baca:  Pengusaha UMKM Dilatih Ekspotir  

“Di Pati selalu ada petunjuknya. Kalau ada petunjuk kecil akan langsung direspon sampai tidak bertambah,” imbuhnya.

Dia mencontohkan, kasus di Makassar mungkin saja pandangan pelakunya benar. Karena mereka dihadapkan pada doktrin. Sedangkan di kalangan masyarakat umum kurang baik. Mengingat hal ini, jalan tengah harus diambil. Karena inilah tujuannya. Salah satunya adalah mencari jalan tengah antar agama.

“Kalau arusnya susah bimbing. Harus hati-hati. Itu pasti semuanya, kalau hanya di daerah tidak ada gunanya. Kementerian Agama harus merekomendasikan ke pusat. Tokoh agama juga harus berjuang. Berikan pendidikan yang baik selama beribadah ,” dia melanjutkan.

Komandan Kodim (Dandim) 0718 / Letkol CZi Adi Ilham Zamani menambahkan, saat ini masyarakat hidup di dua dunia, di dunia nyata dan di dunia maya. Apalagi saat terjadi wabah penyakit Corona atau pandemi Covid-19, hal ini membuat masyarakat semakin aktif di dunia maya. (adr)

Baca:  Gelar Salat Gaib untuk Ketua MUI Rembang

.

Komentar