Barongsai Kemah Bela Negara

by -21 views
Barongsai Kemah Bela Negara

REMBANG – Pendidikan bela negara bagi pemuda digelar di Kecamatan Sedan kemarin. Konsepnya, dengan berkemah di kawasan perbukitan. Selain itu juga ada pertunjukan barongsai.

Tenda berdiri di area bukaan di kawasan Desa Ngulahan. Sawah ini dikelilingi oleh persawahan dan daerah perbukitan. Pemandangan pegunungan juga bisa dilihat dari area ini. Perpaduan budaya juga ditampilkan dalam acara semalam. Ada pertunjukan dua barongsai yang piawai mengayun dan melompat dengan diiringi gendang dan simbal.

Kemarin ada sekitar 17 tenda yang berdiri. Selain itu, ada juga pertunjukan barongsai. Pjs (Plt) Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Rembang Agus Salim menyampaikan bahwa Sekolah Inklusi Pancasila ini berisi pelajaran bela negara dan nilai-nilai murni Pancasila.

Baca:  Yen Ono Bencana ben Luwih Sat-set

Kemah kemarin bekerjasama dengan Karang Taruna Rembang. “Dinas Sosial PPKB salah satunya untuk membina panti sosial dan pemuda,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan kenegaraan. Terutama untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Karang Taruna ini adalah organisasi yang strategis,” tambahnya.

Para pemuda itu akan berkemah selama dua hari satu malam. Itu dimulai kemarin, dan berakhir hari ini. Selain menerima materi, mereka juga akan melakukan outbond. “Pelaksanaannya dua hari. Konsepnya ada kegiatan material dan ada kegiatan keluar,” ujarnya.

Materi bela negara, lanjut Agus, juga bertujuan untuk mengantisipasi agar generasi muda di kawasan Rembang tidak terpapar terorisme. “Setelah ini baru bisa ditularkan ke teman-teman yang lain. Mereka yang ada di desanya masing-masing,” ujarnya.

Baca:  Alat Pantau LPJU Belum Terpasang

.

Komentar