Peringati Hari Jadi, Ziarah Makam Para Pendiri

by -19 views
Peringati Hari Jadi, Ziarah Makam Para Pendiri

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengunjungi makam para tokoh pendiri Jepara tadi malam. Bertepatan dengan HUT ke-472 Kabupaten Jepara. Selain Bupati Jepara, ada juga anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

Rangkaian diawali dengan ziarah ke makam Sayyid Abu Bakar Al Hadad (Mbah Panggang) di Jalan Mangun Sarkoro. Kemudian di makam Pangeran Syarif dan Moliki di Desa Saripan, Jepara. Terhubung dengan Makam Pangeran Tjitrosomo Kanjeng Gedung di Kalinyamatan, Jepara. Kemudian makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat di desa Mantingan dan makam Daeng di Krapyak, setiap tahun.

Ziarah dilakukan dalam maraton. Rombongan Bupati Jepara Dian Kristiandi dan barisan forkopimda berangkat bersama dari Pendapa Kabupaten Jepara sekitar pukul 09.00.

Baca:  Dandim Ilham Beri Bekal Kemasyarakatan

GAMBAR ANCESTOR: Bupati Jepara Dian Kristiandi dan Forkopimda Jepara menanam bunga di makam Pangeran Tjitrosomo Gedung Kanjeng di Kalinyamatan kemarin.
(KKM. NUR SYAHRI MUHARROM / RADAR KUDUS)

Di setiap kuburan, barisan forkopimda ditaburi bunga. Dilanjutkan dengan doa bersama. Seluruh kelompok melihat ke bawah dan membungkuk saat mereka memasuki kuburan leluhur. Doa bersama, dipimpin oleh masing-masing penjaga makam.

Andi – panggilan akrab Dian Kristiandi – mengatakan, ziarah merupakan penghormatan kepada nenek moyang Kota Ukiran. Pasalnya, angka-angka tersebut turut andil dalam pembentukan Kabupaten Jepara. “Kami mendoakan mereka yang telah berjuang. Hingga Jepara mampu bertahan hingga kini berusia 472 tahun,” terangnya.

Ia berharap bisa meneruskan cita-cita dan perjuangan para pemimpin Jepara. Semoga Anda juga diberi kekuatan.

Baca:  Tiga Calon Direktur Purwa Aksara Lolos UKK, Siapa Saja Mereka?

Rangkaian peringatan hari jadi tersebut dilanjutkan dengan prosesi pergantian makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat di Desa Mantingan, setiap tahun. Itu dilakukan hari ini. Tradisi luwur terbuka merupakan ritual rutin setiap Bumi Kartini memperingati hari lahirnya.

Rangkaian HUT Jepara tahun ini, diselenggarakan secara moderat. Tanpa pengumuman dan event besar seperti tahun-tahun sebelumnya. (ROM)

.

Komentar