Ganjar Berhasil Hidupkan Kembali Api Abadi Mrapen

by -46 views
Ganjar Berhasil Hidupkan Kembali Api Abadi Mrapen

GROBOGAN – Mrapen Eternal Flame yang telah padam sejak September 2020 kini hadir kembali. Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo berhasil menyalakan api yang dipercaya sebagai peninggalan Sunan Kalijaga.

Proses penyalaan Api Abadi Mrapen dilakukan dalam semalam. Lampu Ganjar dengan obor. Dia punya kesempatan untuk lari ke lokasi api abadi. Kemudian nyalakan api di bibir lututnya. Dalam sekejap mata, api melesat keluar dari tungku Mrapen Immortal Flame. “Alhamdulillah, Api Abadi Mrapen kembali selamanya,” kata Ganjar.

Dia menjelaskan bahwa awalnya dia terkejut mendengar bahwa Mrapen Eternal Flame padam pada September tahun lalu. Ia segera memerintahkan Dinas ESDM dan ahli geologi untuk melakukan penelitian. “Ternyata setelah dicek, ditemukan penyebabnya. Istilah gas yang menyuplai Api Abadi bocor dengan lancar di beberapa titik. Untuk itu saya titipkan ke masyarakat, ayo hati-hati, karena ini aset Grobogan,” ujarnya.

Baca:  Resmi Dilantik, Komisioner Grobogan Baru Diminta segera Adaptasi

Ganjar meminta masyarakat di sekitar Api Abadi Mrapen untuk tidak mengebor tanah. Jika butuh air atau yang lainnya, masyarakat diminta tidak mengebor dan harus berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

“Karena saya kategorikan daerah ini sebagai daerah rawan. Kalau kemudian masyarakat melakukan pelatihan tanpa izin dan tidak dikendalikan, maka akan mati lagi. Mari kita rasakan handarbeni. Saling memiliki dengan menjaga satu sama lain,” ujarnya.

Tidak hanya berhasil menyalakan kembali Api Abadi Mrapen, Ganjar menjelaskan, begitu ahli geologi turun dan melakukan perbaikan teknis, ada lebih banyak manfaat yang bisa diperoleh. Saat ini ada limbah gas dari Mrapen Eternal Fire yang bisa dimanfaatkan warga. “Dengan begini semoga masyarakat mendapat manfaat. Warung-warung di sini juga bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Baca:  Mahasiswa Unisnu Jadi Mentor Guru PAUD

Terlebih, dibakarnya kembali Mrapen Eternal Flame memberikan harapan baru bagi Kota Swike dan Jawa Tengah. Ganjar berharap akan banyak peristiwa yang bermunculan setelah ini. Sedangkan Mrapen Eternal Flame sudah terkenal di seluruh dunia dan digunakan di sejumlah event olahraga nasional maupun internasional. “Kita berharap banyak event yang muncul, pariwisata datang, sport tourism juga muncul, sehingga kegiatan bisa aktif kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, upaya menghidupkan kembali Api Abadi Mrapen dilakukan dalam beberapa tahap. Diantaranya adalah survei geolistrik untuk mencari sumber api baru, pengeboran dan menemukan sumber gas dan api di kedalaman 40 meter. “Istilah kami mengubah arah aliran gas. Ini karena matinya Mrapen Eternal Flame akibat kebocoran aliran gasnya,” ucapnya.

Baca:  Catut Nama TNI, Tipu Warga Pasang Pamflet Waspada Penipuan

Dengan begitu, pasokan gas untuk Mrapen Eternal Flame bisa terpenuhi. Diperkirakan Mrapen akan mampu hidup lestari selama 40 tahun ke depan. “Itu prakiraan minimal. Sementara itu, kami optimistis selama 60 tahun akan terbakar. Akan lebih baik lagi bila masyarakat setempat terus merawatnya,” imbuhnya. (com / ida)

.

Komentar