Pendidikan dan Kesehatan Jadi Program Prioritas dalam Rapat Paripurna

by -20 views
Pendidikan dan Kesehatan Jadi Program Prioritas dalam Rapat Paripurna

PURWODADI, – Bidang pendidikan dan kesehatan masuk dalam 10 besar program Bupati Sri Sumarni dan Wakil Bupati Bambang Pujiyanto. Selain itu, sektor infrastruktur terus dibenahi.

Bupati Sri Sumarni menjelaskan, infrastruktur jalan dalam lima tahun terakhir dalam kondisi baik hingga akhir 2021 diperkirakan mencapai 80,5 persen. Kemudian pembangunan kedua rumah sakit di sisi barat dan timur selesai. Dan sudah beroperasi.

Infrastruktur untuk pendidikan dan perdagangan juga membaik. Nilai investasi terus meningkat. Dengan adanya industri padat modal dan padat karya, dalam skala nasional maupun internasional. Seperti PT Pungkook Indonesia, PT Apparel, PT Semen Grobogan, dan lain sebagainya.

PERHATIAN: Seluruh anggota DPRD Grobogan mendengarkan pidato Sri Sumarni terkait pemilihan bupati.
(SIROJUL MUNIR / RADAR SUCI)

Hal tersebut berdampak pada penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT). Produksi tanaman pangan juga terjaga, bahkan terus meningkat.

Baca:  Lulus Harus Jago Kitab Kuning dan Bahasa Inggris

Tata kelola juga membaik, ditandai dengan peningkatan nilai SAKIP, Pendapat WTP selama lima tahun berturut-turut, dan survei kepuasan masyarakat yang terus meningkat. Berbagai prestasi juga kita raih di tingkat nasional dan provinsi, sebagai pengakuan atas prestasi pemerintah daerah.

“Pandemi Covid-19 berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi, pada 2020 minus 1,59 persen. Angka kemiskinan 2016 sebesar 13,57 persen. Kami berhasil menguranginya menjadi 11,77 persen pada 2019. Namun pada 2020 akan meningkat menjadi 12,46 persen, “katanya..

Selain itu, tingginya angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), stunting, anak putus sekolah (ATS), pernikahan dini tentunya menjadi perhatian serius yang perlu segera ditangani.

Baca:  Rotasi Jabatan Kesiapan Keamanan Pilkades

Bupati mengaku membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Mulai dari tokoh agama, aparatur pemerintah, badan usaha / pelaku, akademisi, masyarakat dan media, hingga bersatu padu untuk menyatukan semangat karso. Kemudian mewujudkan visi “Mewujudkan Grobogan yang Lebih Sejahtera, Berdaya Saing, Terpercaya dan Beradab”.

Untuk mencapai visi tersebut, ada lima misi. Yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, membangun infrastruktur wilayah yang adil, memperhatikan kelestarian lingkungan dan risiko bencana serta memperkuat perekonomian masyarakat berdasarkan potensi unggulan yang sejajar, berkualitas dan berdaya saing.

Selanjutnya memperkuat reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas tata pemerintahan yang baik serta memperkuat penerapan nilai-nilai keimanan & budaya dalam kehidupan masyarakat.

Baca:  Edukasi Ekspor untuk Pelaku IKM

“Untuk mencapai hal tersebut, lima misi akan difokuskan pada 10 Outstanding Programme. Diantaranya adalah pendidikan untuk semua gerakan dan peningkatan kompetensi SDM, gerakan pencegahan stunting, penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta gerakan pencegahan perkawinan dan kekerasan pada anak. menentang perempuan dan anak, ”ujarnya saat rapat paripurna di DPRD Grobogan.

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan, hubungan pemerintah daerah dengan DPRD yang sudah baik bisa lebih baik. Tentunya itu adalah kepentingan bersama untuk memajukan Grobogan.

.

Komentar