Triwulan Satu, PAD Kabupaten Pati Sebesar 24 Persen

by -24 views
Triwulan Satu, PAD Kabupaten Pati Sebesar 24 Persen

CERITA – Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan I Kabupaten Pati sebesar 24,69 persen. Itu sudah termasuk Rp 76,6 miliar.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pati Turi Atmoko. Target PAD selama satu tahun Rp 340 miliar.

Jumlah pendapatan tersebut antara lain berasal dari dividen penerangan jalan dan Bank Sentral. Dia mengatakan, laba perseroan ditargetkan Rp 21 miliar.

“Targetnya bisa mencapai Rp 21,9 miliar. Tapi pembayaran saat ini belum selesai. Artinya, Rp 15 miliar. Sisanya kuartal III akan dibayarkan,” ujarnya.

Mudah-mudahan, dia berharap bisa menembusnya. Selain itu, dalam perubahan tersebut, pihaknya akan menaikkannya kembali. “Rencananya Juni akan menyusun rencana. Kemudian evaluasi RKPD, jaga perubahannya. Penetapannya September,” imbuhnya.

Baca:  Tambah Usia, KBPP Polri Siap Jaga Keutuhan NKRI

Menurutnya, ada beberapa pajak daerah yang rendah. Ini karena pandemi Covid-19. Saat ini pajak hiburan berkisar 10 persen. Pasalnya, beberapa tempat hiburan belum beroperasi.

Terkait realisasi PBB-P2, tercatat dua kecamatan di Kabupaten Pati mencapai 100 persen hingga triwulan pertama, yakni Kabupaten Winong dan Gembong.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam diskusi tersebut mengatakan memang ada sejumlah pajak yang terhambat akibat dampak pandemi Covid-19. Namun, ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk beberapa pajak dengan realisasi yang rendah.

“Kita sudah punya Perbup Nomor 66 Tahun 2020, dengan kebijakan ini semua kegiatan kemasyarakatan tetap bisa dilakukan tapi dengan keterbatasan. Dan hingga saat ini seperti hotel dan restoran masih berjalan. Meski bukan untuk hiburan,” terangnya.

Baca:  Jelang Ramadan, Bersihkan Masjid Gratis

Bupati juga meminta instansi dan instansi terkait menaikkan pajak pada triwulan berikutnya untuk mencapai target pencapaian lebih dari 75 persen. (adr)

.

Komentar