DPRD Jepara Beri 87 Rekomendasi

by -29 views
DPRD Jepara Beri 87 Rekomendasi

JEPARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara memberikan 87 rekomendasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Usulan tersebut disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi kemarin.

Rekomendasi tersebut diberikan dalam rapat paripurna dengan agenda penyampaian Putusan DPRD tentang Laporan Pernyataan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2020 yang diketuai oleh Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif.

Sebelumnya, dewan telah membentuk empat panitia khusus untuk membahas Bupati LKPj Jepara. 87 proposal disetujui. Rekomendasi tersebut dibacakan langsung oleh Ketua DRPD Jepara Haizul Ma’arif.

Beberapa rekomendasinya antara lain perlunya meningkatkan kinerja Satpol PP dalam penegakan peraturan daerah. Oleh karena itu, kami membutuhkan staf dan anggaran tambahan. Selain itu, terkait pula dengan inventarisasi dan optimalisasi aset daerah.

Baca:  Akhirnya Divkasin, Terima Kasih Pak Polisi

Haiz mengatakan bahwa masih ada kebocoran dalam koleksinya. Jadi sudah saatnya Jepara menerapkan e-retribution.

Persoalan jam masuk pabrik besar di Jepara juga tak lepas dari catatan. Kemacetan jalan raya Jepara – Kudus, khususnya di jalan dengan pabrik besar pada waktu-waktu tertentu menjadi dasar pengusulan ini.

“Jam kerja di perusahaan pasti berbeda dengan jam sekolah dan jam kantor. Perusahaan wajib menyediakan transportasi massal untuk penjemputan karyawan,” imbuhnya.

Di bidang ekonomi, dewan mengatakan minat tenaga kerja di bidang seni ukir, industri rumah tangga dan kerajinan menurun. Dewan merekomendasikan agar pemerintah kabupaten lebih rajin dalam merumuskan program pembinaan, pendidikan dan pelatihan di bidang ini. Serta gencar mempromosikan produk lokal unggulan daerah. Untuk merangsang pasar industri lokal.

Baca:  Normalisasi Sungai dan Perkuat Tanggul.

“Industri mebel dan kerajinan Jepara akan lebih banyak dipamerkan, baik dalam skala domestik maupun internasional,” ujarnya. Terkait masalah pendidikan, pihaknya merekomendasikan agar posisi kepala sekolah yang kosong segera diisi. Insentif untuk guru di lembaga swasta juga perlu dianggarkan.

Sedangkan mengenai kesehatan, perlu adanya sosialisasi tentang penyelenggaraan menutupi tubuh dengan protokol kesehatan.

Terakhir, di bidang infrastruktur, kegiatan pembangunan yang belum selesai disarankan dilanjutkan tahun ini dan tahun depan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada dewan yang telah memberikan catatan pelaksanaan kinerja pemerintah kabupaten pada tahun 2020. Sebanyak 87 proposal dinilai sangat berarti untuk menilai kinerja pemerintah kabupaten ke depan.

Baca:  Pemkab Kudus akan Screening Pemudik dengan Tes GeNose19

“Perlu ada sinergi dari semua pihak agar kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan. Dan kami mohon maaf atas penyelenggaraan pemerintahan yang masih menyisakan pencatatan dan evaluasi,” ujarnya.

.

Komentar