Tiga Nama Cawabup Jepara Dikirim ke Bupati, Ini Nama-namanya

by -25 views
Tiga Nama Cawabup Jepara Dikirim ke Bupati, Ini Nama-namanya

JEPARA – Pengisian jabatan Wakil Bupati Jepara sudah mulai memasuki tahap pengusulan. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Indonesia (PDI) Perjuangan Jepara sudah memasukkan tiga nama untuk Bupati Jepara. Selanjutnya, ketiga nama tersebut diminta segera diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Jepara untuk proses pengisian jabatan wakil bupati.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jepara Junarso membenarkan pihaknya sudah mengeluarkan proposal untuk tiga nama. Sebelumnya, ketiga kandidat sudah dipanggil oleh DPC. Yakni Siti Aizatin, Andi Rokhmat, dan Mulyaji. Pisahkan panggilan dengan hari yang berbeda. “Ya, memang kami sudah mengirimkan lamarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Edi Ariyanto mengatakan, dalam gugatan itu, ketiganya ditanyai tentang kesiapan dan komitmennya kepada partai. Juga persiapan masing-masing calon dalam proses pengisian Wakil Bupati. “Kami harus memastikan mereka harus jujur ​​kepada partai. Kalaupun ada yang tidak punya kartu anggota. Pak Mulyaji,” ujarnya.

Baca:  Urai Sampah Rumah Tangga, Bangun TPA di Mayong

Setelah ketiganya dinyatakan siap, DPC menyerahkan surat kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi yang berisi tiga nama yang disarankan. Selanjutnya Bupati menyurati DPRD Jepara terkait permohonan pengisian Wakil Bupati dan ketiga nama tersebut. “Ya. Suratnya sudah diterima,” jelas tokoh yang juga merupakan pimpinan Fraksi PDI Perjuangan di Jepara itu.

Jika kemudian masuk ke aula, pihaknya menunggu jawaban dari hasil rapat pimpinan dewan. Apakah itu disetujui atau ditolak. “Memang dari segi aturan hanya dibutuhkan dua nama,” ujarnya.

Jika usulan ditolak, pihaknya akan menyurati DPP dan DPD. Jadi kedua nama itu dipersempit. Keputusan menunggu kebijakan pusat. “Kami belum tahu apakah akan segera ditentukan atau dikembalikan ke DPC. Ikuti saja jejaknya. Yang pasti kami akan tetap tegas dengan keputusan partai,” ujarnya.

Baca:  Wisata Sumber Semen Dibuka, Akses Jalan Rusak

Andang Wahyu Triyanto, Ketua PDI Perjuangan PDI Perjuangan, menegaskan proses bisa atau tidak bisa dijawab kini ada di tangan bupati. Waktu tanggap dewan tergantung pada pengajuan proposal bupati kepada dewan. Pasalnya, dewan baru akan menindaklanjuti catatan tersebut setelah menerima surat dari bupati.

“Kami sudah kirim dewan tapi itu tembusan. Kalau sesuai aturan, usulan dari partai diusulkan ke dewan melalui bupati,” jelasnya.

Pihaknya masih menunggu prosesnya. Surat rekomendasi akan diberikan surat balasan dari pengurus terkait tanggapan dan langkah selanjutnya. Pihaknya akan menindaklanjuti tanggapan dewan. “Kami masih menunggu jawaban. Lalu apa yang harus kami lakukan juga tergantung tanggapannya,” imbuhnya.

.

Komentar