Tingkatkan Kolaborasi Pusat dan Daerah untuk Tekan Penyebaran Covid-19

by -41 views
Tingkatkan Kolaborasi Pusat dan Daerah untuk Tekan Penyebaran Covid-19

JAKARTA – Diperlukan kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di tanah air.

“Dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang berbeda di masing-masing daerah maka diperlukan kerjasama yang baik dan erat antar daerah untuk mencegah penyebaran virus corona di tanah air,” kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin. . (17/5).

Data Satgas Covid-19 pekan lalu menyebutkan kontribusi kasus positif Covid-19 di Jawa terhadap kasus nasional turun 11,06%. Di sisi lain, kontribusi kasus di Sumatera meningkat 27,22% terhadap kasus nasional. Korban tewas di pulau Jawa mengalami penurunan sebesar 16,07%, sedangkan pulau Sumatera meningkat sebesar 17,18%.

Baca:  Drainase Jalan Nasional Direvitalisasi

Menurut Lestari, perbedaan keadaan yang sangat signifikan antarprovinsi membutuhkan komunikasi dan kolaborasi yang baik antara pemangku kepentingan di tingkat pusat dan provinsi.

Menurut Rerie, panggilan akrab Lestari, peningkatan indikator kasus positif Covid-19 dan angka kematian di wilayah Sumatera harus segera diatasi dengan langkah-langkah yang tepat dan komprehensif.

Upaya pencegahan potensi penyebaran Covid-19 ke sejumlah daerah, kata Rerie, membutuhkan dukungan semua pihak yang terlibat dalam upaya meningkatkan pengujian, pencarian, dan pengobatan yang terukur dan berskala besar (3T).

Selain itu, anggota Dewan Tinggi Partai NasDem menegaskan, untuk mengintensifkan pengawasan, strategi mempersempit wilayah pengawasan ke tingkat RT / RW harus diperkuat agar upaya 3T bisa lebih efektif.

Baca:  Truk Muat Bahan Kimia Terbakar

Diakui Rerie, upaya memperketat pengawasan dan membatasi pergerakan masyarakat di sejumlah daerah berimplikasi pada faktor sosial ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, jelasnya, keterlibatan aktif pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah sangat diperlukan untuk mengatasi dampak kebijakan pengendalian.

Rerie berharap dengan langkah pencegahan yang ketat dan komprehensif terhadap penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah dapat meningkatkan efektifitas pengendalian penyebaran virus corona di tanah air.

.

Komentar