Bappeda Grobogan Luncurkan “Sinada Pencerah”

by -28 views
Bappeda Grobogan Luncurkan “Sinada Pencerah”

PURWODADI,- Bappeda Grobogan terus berinovasi untuk mengintegrasikan infrastruktur data tunggal. Untuk itu, Bappeda meluncurkan saluran Sinergi Satu Data untuk Perencanaan yang Cermat, Akurat, dan Hebat (Sinada Penmerah).

Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto mengatakan, dalam perencanaan pembangunan, seringkali terdapat masalah dengan data yang masih tercecer, sulit diakses, tidak up to date, dan belum valid. Hal ini mempersulit pemetaan data pembangunan daerah.

“Padahal data penting untuk melihat potensi dan kekuatan daerah. Padahal, sebagai bahan analisis pengambilan keputusan, penetapan indikator kinerja, monitoring, dan evaluasi kinerja. Kualitas data sangat berpengaruh terhadap perencanaan yang lebih berkualitas juga,” dia menjelaskan.

Saluran Sinada Penmerah dilengkapi dengan fitur analisis penentuan prioritas sebagai sistem pendukung keputusan dalam perencanaan dan pemantauan. Di kanal, Anda bisa melihat kondisi pembangunan infrastruktur saat ini, pencapaian kinerja pembangunan, dan pembagian pembangunan yang telah dibangun.

Baca:  Delapan Penerima Bansos Mundur

“Saat ini masih berupa website. Namun dalam waktu dekat kami akan membuatnya dalam bentuk aplikasi. Sistem informasi tersebut kini dapat diakses oleh masyarakat sebagai bentuk transparansi pembangunan,” imbuhnya.

Mengingat, kata dia, pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas pemerintah daerah. Terutama dalam mendorong pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, air minum, transportasi, kesehatan, pendidikan, dan fasilitas ekonomi yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ia berharap inovasi ini dapat menjawab permasalahan dalam penyediaan data yang terintegrasi sehingga dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan. Dari data infrastruktur ini, dimungkinkan untuk menganalisis perkembangan dan integrasi pembangunan infrastruktur.

.

Komentar