Tiap Tahun Kekeringan, tapi Tak Ada Solusi

by -28 views
Tiap Tahun Kekeringan, tapi Tak Ada Solusi

GROBOGAN – Kekeringan di beberapa daerah di Grobogan terjadi setiap tahun. Tapi sampai sekarang belum ada solusi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Grobogan Anang Armunanto mengatakan solusi jangka panjang adalah membangun sumur resapan. Pasalnya, Grobogan merupakan daerah yang memiliki curah hujan tinggi.

“Anda bisa memanen air hujan dengan pola sederhana. Misalnya dengan membuat lubang biopori. Itu bisa dilakukan,” katanya.

Selain itu, juga dapat dilakukan penghijauan di daerah aliran sungai. Oleh karena itu, penampung air lebih besar. Dengan demikian, saat musim kemarau, kekurangan air bersih di beberapa wilayah di Grobogan bisa diminimalisir.

Anang mengatakan, untuk mata air, harus ada cekungan air tanah atau CAT. Dalam setiap pembangunan bendungan, waduk, dll, pasti ada CAT. Jadi dijamin sumber airnya banyak. Adapun solusi jangka pendeknya, bisa dilakukan dengan mendekatkan sumber-sumber air di sekitarnya.

Baca:  Rawan Kerumunan, Enam Pasar Tiban di Kudus Ditutup, Mana Saja?

Meski begitu, menurut Anang, solusi terkait kekeringan di Grobogan tidak masuk dalam RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah). Sebab, akan dimasukkan dalam RTRW yang lebih detail.

“RTRW ini sudah sembilan kali ditinjau. Posisinya sekarang sudah masuk dalam kesepakatan materiil di Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang),” ujarnya.

Setelah sembilan kali revisi, kata Anang, RTRW tidak lagi membutuhkan banyak revisi. Kajian tersebut mencakup kawasan yang dialokasikan untuk pertanian berkelanjutan, kawasan industri, kawasan pemukiman, dan lain-lain.

.

Komentar