Isolasi Pindah ke Undip Telukawur

by -8 views
Isolasi Pindah ke Undip Telukawur

JEPARA – Tempat isolasi pasien Covid-19 di Asrama Telukawur Universiti Diponegoro (Undip), Tahunan, siap menerima pasien. Pasalnya, kapasitas ruang isolasi pasien di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) hampir penuh.

Kemarin, jumlah pasien isolasi di gedung BLK sebanyak 41 orang. Terdiri dari 25 pria dan 16 wanita. Sedangkan kapasitas ruang isolasi terpusat di gedung BLK adalah 48 tempat tidur isolasi.

“Kapan saja bisa full. Sehingga setiap hari bisa mulai berfungsi di Telukawur,” jelas Kabag Mudrikatun Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Eko Cahyo Puspeno.

Asrama Undip Telukawur memiliki kapasitas 116 tempat tidur teratai. Pasien yang diisolasi di sana juga dipantau oleh dokter dan perawat yang bertugas. “Kami mulai melatih sekitar enam orang,” tambah Eko.

Baca:  Sekat di Perbatasan dan Akses Masuk Kota

Tempat isolasi terpusat diisi oleh beberapa kelompok. Preferensi akan diberikan kepada pasien Covid-19 tanpa gejala di zona merah. Juga bagi warga yang tempat pengasingannya tidak memenuhi syarat. Selain itu, bagi warga yang kesulitan untuk mematuhi protokol kesehatan selama berada dalam isolasi.

Eko menambahkan, dalam menangani Covid-19 di Jepara, selain meningkatkan kapasitas ruang isolasi, 3T juga diintensifkan. Ini adalah ujian, pencarian, dan perawatan. Selain itu, masyarakat harus ikut serta dalam melaksanakan protokol kesehatan. “Dalam memutuskan jaringan transmisi harus ditegaskan. Untuk selalu menjaga imunitas dan keimanan. Agar semuanya aman,” jelas Eko Cahyo Puspeno.

Dari pantauan di lapangan kemarin sore, sejumlah petugas diterjunkan di lokasi isolasi center asrama Undip Telukawur. Tenda darurat milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga didirikan. Namun, hingga malam itu, tidak ada pasien yang tampak menghuni tempat itu. (ROM)

Baca:  Selamat Bertugas ke Papua Ndan!

.

Komentar