Ini Besaran DD Tahap Dua

by -12 views
Ini Besaran DD Tahap Dua

JEPARA – Sepuluh desa dari 184 desa di Jepara telah mengajukan penarikan dana desa (DD) tahap kedua. Jumlah yang dikeluarkan pada tahap ini sama dengan tahap pertama. Itu adalah 40 persen dari total DD yang diperoleh setiap desa.

Pembayaran dana desa dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama produksi 40 persen. Begitu juga dengan tingkat kedua. Sedangkan produksi tahap ketiga 20 persen.

Pada tahap pertama, produksi DD diprioritaskan untuk alokasi kegiatan PPKM skala mikro di tingkat desa dan penyaluran BLT untuk KPM. Saat ini, semua desa di Jepara sudah mengetahui alokasinya.

Sedangkan produksi tahap kedua lebih diutamakan untuk pendistribusian BLT DD dari bulan Juni hingga Oktober.

Baca:  Usir Covid-19 Nganggo Banyu Rukyah

“Selain itu, beliau juga diperbolehkan mengalokasikan pemberdayaan masyarakat dan pemulihan ekonomi desa,” jelas Kepala Dinas Sosial, Masyarakat, dan Pemberdayaan Desa Jepara (Dinsospermasdes) Edy Marwoto melalui Kabag Pembangunan Pemerintahan Desa, Muh. Taufik.

Untuk desa yang ingin mengajukan produksi DD tahap kedua, mereka harus memenuhi persyaratan tertentu. Yakni, scan laporan realisasi DD 2020 dan scan laporan realisasi DD 2021. “Menambahkan scan peraturan kepala desa pada DD BLT 2021,” tambah Taufik.

Diakuinya, proses pengajuan produksi DD tahap kedua masih berlangsung. Ia mengatakan, masa produksi DD tahap kedua tergantung masing-masing desa. “Tergantung desa bisa cepat atau tidaknya dalam memenuhi syarat pembayaran Dana Desa,” pungkasnya. (ROM)

Baca:  DPC PDIP Jepara Panggil Tiga Calon Wakil Bupati

.

Komentar