Hartopo Keluhkan Penetapan Kudus Masih di Level 4 Pandemi Covid-19

by -4 views
Hartopo Keluhkan Penetapan Kudus Masih di Level 4 Pandemi Covid-19

SUCI – Bupati Kudus Hartopo mengeluhkan penetapan Kota Kretek yang masih tahap IV perpanjangan PPKM tahap III dan IV. Pasalnya, akhir-akhir ini kasus penyebaran Covid-19 di Kudus mulai melambat.

Hartopo mengatakan Kudus termasuk dalam level IV seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 22 Tahun 2021. Meski saat ini kota dengan wilayah terkecil di Jawa Tengah ini masuk dalam zona oranye. Dengan merujuk pada website corona.jateng.go.id. Sementara menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kudus masih berada di zona merah.

“Saya tidak tahu pedomannya seperti apa. Untuk itu saya sudah minta kepada Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi dengan Pemprov Jateng dan pemerintah pusat,” jelasnya.

Baca:  BPBD Ungkap Dua Faktor Utama Penyebab Banjir di Jepara

Dia mengatakan bahwa Suci harus bisa turun ke level III atau II. Melihat tingkat hunian tempat tidur (BOR) di rumah sakit, hanya mencapai 20 persen.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kudus juga masih berupaya menekan penyebaran kasus Covid-19. Langkah-langkah tersebut adalah memperketat pembatasan masyarakat hingga ke tingkat desa, operasi peradilan, pemadaman lampu jalan umum (LPJU), dan pemblokiran beberapa ruas jalan. “Aturan PPKM untuk level ini (level IV, red) masih sama dengan aturan PPKM Darurat. Pedagang hanya diperbolehkan berjualan sampai pukul 20.00,” jelasnya.

Dia mengatakan aturan itu akan dibuka secara bertahap mulai 26 Juli. Dengan catatan penyebaran kasus Covid-19 bisa ditekan.

Baca:  Mantan Sekretaris Dinakikan Blora Diberhentikan Tidak Hormat

Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo, relaksasi memungkinkan pasar tradisional buka hingga pukul 20.00 dengan batas pengunjung 50 persen. Pasar selain penjual sembako diperbolehkan buka hingga pukul 15.00 dengan batas kapasitas 50 persen.

Selain itu, pemerintah juga akan memberlakukan aturan agar PKL tetap buka hingga pukul 21.00. Hal ini juga memungkinkan untuk makan di tempat dengan batas waktu 30 menit per pengunjung.

.

Komentar