Sudah Maret, GTT Belum Gajian Juga

by -62 views
Sudah Maret, GTT Belum Gajian Juga

GROBOGAN-, Holy Radar – Maret sudah memasuki minggu kedua. Namun, guru tidak tetap (GTT) dan pekerja tidak tetap (PTT) SD, SMP, dan SMA masih belum menerima gaji. Pasalnya, dana bantuan operasional sekolah (BOS) belum dicairkan.

Seorang guru honorer dari Kabupaten Toroh mengaku belum menerima gaji sejak Januari lalu. Namun, dia mengaku sudah terbiasa. Terkadang, sekolah mencari tabungan untuk membayar guru honorer. Namun, kali ini tidak ada dasar seperti itu.

“Biasa saja. Kadang sekolah menabung kalau BOS tidak dilikuidasi,” kata guru SD berinisial S.

Untuk memenuhi kebutuhannya, S harus melakukan pekerjaan lain, seperti perekatan. Meski begitu, ia berharap BOS segera dicairkan dan haknya segera diterima.

Baca:  Pasar di Kudus Tetap Buka meski Di Rumah Saja

Hal yang sama dikatakan oleh guru sekolah menengah pertama dari Kecamatan Gubug yang berinisial R. Sejak Januari lalu, R mengaku belum menerima gaji. Meski tidak banyak, karena betul, dia juga ingin BOS segera dilikuidasi.

“Biasanya awal Maret mencair. Mau tidak mau pasti ada pemasukan dari orang lain,” kata guru tersebut.

Tak hanya SD dan SMP, guru di tingkat SMP pun mengalami nasib yang sama. Ditegaskan, Kepala Dinas Pendidikan Cabang IV Kabupaten (Grobogan dan Blora) Sugiyarto mengatakan, semua sekolah sudah mengajukan penarikan dana BOS. Mudah-mudahan minggu depan bisa dilikuidasi.

“Sekolah telah menyarankan semuanya,” katanya kemarin.

.

Komentar