Pemkab Bangkalan Konsisten Tekan Sebaran Covid-19 – Berita Madura

by -22 views
Pemkab Bangkalan Konsisten Tekan Sebaran Covid-19 – Berita Madura

BANGKALAN – Anggota Satgas Nasional Covid-19 Diana dan AKBP Irianto berkunjung ke Bangkalan, Selasa (4/5). Mereka disambut oleh Bupati Abdul Latif Amin Imron bersama anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan beberapa ketua organisasi perangkat daerah (OPD).

Kedatangan Satgas Nasional Covid-19 bermaksud untuk memantau pencegahan penularan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan (Pemkab). Melalui upaya tersebut, diharapkan tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Salak terus menurun.

Diana menyatakan kedatangannya untuk mengkoordinasikan dan memantau upaya pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Pasalnya, belakangan ini terjadi lonjakan kasus di beberapa negara seperti India, Iran, dan Thailand.

PENDAHULUAN: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menyampaikan sambutan di depan Satgas Nasional Covid-19 Spesialis forkopimnda dan Diana di Aula Agung, Selasa (4/5).
(Vivin Agustin Hartono / RadarMadura.id)

“Kita harapkan bersama menjelang Idul Fitri. Ini karena ada peningkatan mobilitas di sektor perumahan, pasar, dan udara, darat dan laut,” ujarnya.

Baca:  Jurnalis Harus Jaga Kode Etik - Berita Madura

Pihaknya juga ingin memantau pos-pos karantina bagi warga yang ingin pulang meski sudah dilarang pemerintah. Karena itulah Diana datang ke pos karantina di Desa Kemayoran, Kabupaten Kota. Menurutnya, pos segregasi cukup representatif. Semua pemangku kepentingan harus bersatu untuk melawan Covid-19, tambahnya.

Abdul Latif Amin Imron menegaskan, tim satuan tugas distrik secara konsisten menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah menyamakan tindakan preventif dengan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). “Seperti pelaksanaan PPKM mikro yang dilaksanakan di Jawa Timur termasuk di Bangkalan,” jelasnya.

Kemudian, penyemprotan desinfektan di beberapa tempat dilakukan oleh satuan tugas Covid-19. Diantaranya, di ruang publik, perkantoran, tempat ibadah, dan pusat ekonomi.

Baca:  Bank Jatim Launching Layanan Pesan Tiket Online - Berita Madura

Dari segi infrastruktur (sarpras) dan perbaikan ekonomi, pemerintah telah menggeser berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan. Antara lain pemenuhan sarpras alat kesehatan dan pemberian jaminan sosial untuk peningkatan sarpras yang memadai.

“Kami lakukan agar ada keseimbangan antara penyembuhan Covid-19 dan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata bupati yang biasa disapa Ra Latif ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangkalan Agus Zein mengatakan, Satgas Nasional Covid-19 sangat mengapresiasi upaya pencegahan Covid-19 yang dilakukan Satgas Covid-19 Bangkalan. Penghargaan tersebut akan terus mendorong satuan tugas Covid-19 untuk menekan penyebaran virus dari Wuhan, China.

Ia mencatat, penyebaran Covid-19 semakin menurun. Meski begitu, Satgas Kabupaten akan terus mengantisipasi kenaikan korona. Sebab selama ini, ketika hari libur nasional tiba, grafik kasusnya selalu naik. Oleh karena itu, berbagai formulasi tersedia.

Baca:  NMI Korwil Jatim Berbagi Sembako kepada Anak Yatim - Berita Madura

“Misalnya sekat di Suramadu masih ditutup. Kemudian PPKM mikro diperpanjang. Otomatis upaya pencegahan sudah dilakukan di desa dan kelurahan juga,” imbuhnya.

Pihaknya tidak mempersoalkan orang-orang yang merayakan suka cita Idul Fitri. Namun, ia menghimbau agar semua kegiatan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Agar kesehatan kita sama-sama jaga,” ujarnya. (jup / luq)

.

Komentar